Dari Forum Indonesia-Afrika, Tercapai Kerjasama Bisnis US$3,5 miliar

  • Whatsapp
Forum Indonesia Afrika di Bali hasilkan kerjasama bisnis

Badung, beritalima.com| – Dari pertemuan Forum Indonesia-Afrika Forum (IAF) ke-2 yang berakhir pada 3 September, Indonesia berhasil mencatatkan 32 kerja sama bisnis dengan nilai total lebih dari US$3,5 miliar.

Selama dua hari pertemuan IAF ke-2, beberapa capaian penting disepakati antara lain, penandatanganan empat kesepakatan bisnis di sektor industri strategis, sembilan bisnis kesehatan, dan enam energi baru terbarukan (EBT).

Hal ini dilaporkan Direktur Afrika Direktorat Jenderal Asia, Pasifik, dan Afrika Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Dewi Justicia Meidiwaty di Nusa Dua, Bali (3/9). IAF ke-2 tak hanya menjadi ajang perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Swasta untuk meraih kerja sama bisnis, namun juga melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berkolaborasi

Dari UMKM, tercapai 16 kesepakatan bisnis dengan perusahaan-perusahaan asal Afrika dalam ekshibisi yang berlangsung selama dua hari dan mendapatkan kunjungan dari lima pemimpin negara Afrika.

“Ini yang menjadikan forum kali ini bersifat lebih inklusif,” ujar Dewi. Sebagai tambahan, Memorandum of Cooperation (MoC) antara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan JICA (Japan International Cooperation Agency) untuk kerja sama pembangunan ke Afrika juga ditandatangani di sela-sela acara IAF ke-2.

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait