Dari Surabaya ke Berlin, Finalis Falling Walls Lab Indonesia 2024 Bawa Harapan Baru untuk Masa Depan

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Petra Christian University (PCU) menjadi tuan rumah perhelatan Falling Walls Lab (FWL) Indonesia 2024. Sebuah kompetisi yang didukung penuh oleh Kementerian Luar Negeri Republik Federal Jerman bagi para inovator muda untuk berkompetisi ide-ide cemerlang hanya dalam 3 menit saja.

Surabaya, Kota Pahlawan, kembali menjadi pusat perhatian dunia akademis. Petra Christian University (PCU) sebagai Kampus Swasta No.1 di Jawa Timur, pada Kamis (22/8/2024) menjadi tuan rumah Falling Walls Lab (FWL) Indonesia 2024.

Kegiatan yang menyatukan para inovator muda Indonesia untuk saling berkompetisi berbagai ide-ide cemerlang itu digelar di Amphitheater, gedung Q lantai 2 Kampus PCU.

“Kegiatan ini didukung penuh oleh Kementerian Luar Negeri Republik Federal Jerman, Kantor Wilayah DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst) Jakarta. Tercatat ada 16 finalis dari seluruh wilayah Indonesia, bahkan luar negeri, yang akan mempresentasikan ide-ide inovatifnya dalam waktu 3 menit dengan menggunakan 3 slide yang berpotensi mengatasi tantangan global,” kata Prof. Zeplin Jiwa Husada Tarigan, S.T., M.M.T., selaku Ketua Panitia FWL 2024 di PCU.

Ajang kompetisi bergengsi berbahasa Inggris tersebut pendaftarnya mencapai 103 peserta. Hanya 16 finalis terbaik yang akan presentasi di hadapan tujuh juri FWL Indonesia 2024.

Sedangkan bagi pemenang yang terpilih, ia akan mewakili Indonesia dalam The Global Falling Walls Lab Finale yang akan dilaksanakan di Berlin awal November 2024 mendatang, dan bersaing dengan peserta dari negara lainnya.

Para pesertanya pun sangat beragam, mulai dari mahasiswa S1 hingga Ph.D, yang termasuk diantaranya adalah dosen, peneliti, insinyur, ahli statistik, manajer produk bahkan kandidat MBA. Topik yang dibawakan mulai dari Life Sciences, Medical and Public Health, Urban Planning, Rural Growth, Agricultural and Behavioral Economics.

Rektor PCU, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya kompetisi FWL 2024 ini di PCU.

“Suatu kehormatan, PCU dipercaya menjadi mitra. Hal ini sesuai dengan komitmen PCU untuk menghadirkan pendidikan tinggi berkualitas global serta membentuk generasi pemimpin yang berkarakter tangguh dan terpuji,” ungkap Prof. Djwantoro.

Kedepannya, PCU akan terus meningkatkan kolaborasi dan sinergi dengan mitra-mitra internasional bereputasi tinggi untuk menghadirkan Pendidikan Tinggi yang berkualitas global. Sehingga hal tersebut juga dapat memberi banyak kesempatan luas ke ranah global untuk para mahasiswa PCU.

Dar ke-16 finalis tadi, terdapat dua Petranesian (sebutan bagi keluarga besar PCU) yang berhasil masuk menjadi finalis dalam FWL 2024 ini. Mereka adalah Sonia Indra Leitte Paula, seorang Petranesian alumni yang akan membawakan topik “Breaking the Wall of Cultural Inequality”.

Ada pula Gloria Ellysian Aprilia, Petranesian mahasiswa yang akan membawakan topik “Breaking the Wall of Women in Tech Adoption”.

Kompetisi yang digagas oleh The Falling Walls Lab Foundation di Berlin sejak 2009 ini terbuka bagi semua kalangan yang ingin bertukar pikiran dan ide inovatifnya. Di Indonesia sendiri, Falling Walls Lab sudah diadakan sejak 2016 oleh DAAD Regional Office Jakarta bekerja sama dengan berbagai universitas.

“Kompetisi sains internasional tahunan dari DAAD Indonesia ini merupakan edisi ke-9, dan baru pertama kalinya diadakan di Surabaya. DAAD sendiri merasa bangga bisa bekerja sama dengan PCU sebagai Kampus Swasta terbaik di Jawa Timur. Semoga dari kegiatan ini, banyak lahir ilmuwan muda yang cerdas, mulai dari mahasiswa sarjana hingga pemegang gelar Ph.D,” kata Dr. Guido Schnieders selaku Director DAAD Regional Office Jakarta.

Dalam era globalisasi yang semakin kompleks, inovasi menjadi kunci keberhasilan suatu bangsa. Melalui FWL Indonesia 2024, kita dapat melihat potensi besar yang dimiliki oleh generasi muda Indonesia dalam menciptakan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Sehingga dengan mendukung kegiatan seperti ini, kita juga turut berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing global.

Sekilas tentang Petra Christian University (PCU), sebuah universitas swasta yang berdiri sejak tahun 1961 bertempat di Surabaya, Indonesia. PCU memiliki fakultas-fakultas yang terkemuka di bidang pendidikan, teknologi, konstruksi, bisnis, industri kreatif, dan kedokteran.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait