Deflasi Juli 2024 Sebagai Momentum Perkuat Pengendalian Inflasi di NTT

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Provinsi NTT mengalami deflasi sebesar -0,32% (mtm) atau inflasi 0,85% (yoy) berdasarkan rilis Berita Resmi Statistik BPS Provinsi NTT Juli 2024. Level inflasi ini terkendali dalam rentang sasaran 2,5±1%.

Deflasi disebabkan oleh penurunan harga sejumlah komoditas hortikultura, seperti: bawang merah, tomat, kangkung, cabai rawit, dan bawang putih.

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (KPw BI NTT), Agus Sistyo Widjajati dalam siaran persnya pada, Senin 5 Agustus 2024.

Secara spasial, kata Agus Sistyo Widjajati, Waingapu dan Maumere menjadi wilayah pengukuran IHK di NTT yang mengalami inflasi, sedangkan deflasi terjadi pada 3 wilayah pengukuran IHK lainnya di mana deflasi terdalam terjadi di KabupatenNgada.

“Kondusifnya produksi hortikultura lokal yang diperkuat dengan masuknya pasokan dari luar menjadi penyebab deflasi Provinsi NTT,” jelas Agus Sistyo Widjajati.

Di sisi lain, katanya, pasokan kangkung dan bawang putih yang terjaga turut diperkuat dengan masuknya pasokan dari Bima, Surabaya dan Makassar. Dari sisi cuaca, kembali normalnya kondisi cuaca tanpa El Nino menjadi salah satu faktor positifnya produksi hortikultura di Provinsi NTT di bulan Juli.

Meskipun demikian, menurut Agus Sistyo Widjajati, potensi kekeringan pada puncak musim kemarau, serta kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng rakyat dan Harga Acuan Penjualan (HAP) gula pasir, patut diwaspadai sebagai faktor pendorong inflasi ke depan.

Di sisi lain, ikan kembung, angkutan udara, dan beras menjadi penyumbang inflasi. Kenaikan harga ikan kembung didorong oleh hasil tangkapan nelayan yang berkurang di tengah gangguan cuaca pada awal bulan Juli. Di sisi lain, tarif angkutan udara yang meningkat didorong oleh permintaan pada periode libur tengah tahun dan peningkatan harga avtur di wilayah Provinsi NTT.

Sementara itu, lanjut Agus Sistyo Widjajati, beras kembali tercatat menjadi penyumbang inflasi pasca menjadi penyumbang deflasi selama tiga bulan terakhir. Meskipun demikian, positifnya produksi padi pada bulan Juli pada angka sementara BPS yang tercatat tumbuh sebesar 72,68% (yoy), menjadi penahan laju inflasi beras yang lebih tinggi.

“TPID Provinsi NTT berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan sinergi dan kolaborasi untuk menjaga stabilitas harga dan mendorong ketahanan pangan melalui berbagai strategi dalam kerangka 4K,” kata Agus Sistyo Widjajati.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait