Di Juanda, Gus Ipul Sambut TKI Mudik

  • Whatsapp
Gus Ipul didampingi Kadisnaker Prov Jatim Setiadjit menyapa keluarga penjemput TKI di T2 Bandara Juanda

SIDOARJO, beritalima.com – Kedatangan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Jawa Timur yang mudik lebaran tahun ini terasa istimewa karena mereka disambut langsung Gus Ipul, Wakil Gubernur Jawa Timur di Terminal 2 Bandara Juanda, Kamis (22/6) malam.

Gus Ipul, yang saat itu didampingi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur Setiadjit mengatakan, pihaknya menjamin kelancaran dan keamanan para TKI yang mudik ini hingga tiba di kampung halamannya masing-masing. Apalagi, dengan rasa kekeluargaan dan kegotongroyongan yang tinggi dari masyarakat, yang terbukti dengan kehadiran para keluarga TKI, dirinya yakin para TKI akan tiba dengan selamat.

Ketika ditanya media soal TKI yang dideportasi, Gus Ipul mengakui memang ada TKI illegal yang tidak dilengkapi dokumen resmi, terutama yang dari Malaysia. Namun demikian, yang mudik kali ini adalah para TKI resmi atau legal. “Diperkirakan ada sekitar 6 ribu TKI yang pulang kampung, 10 persen atau sekitar 600 orang diantaranya telah habis masa kontrak dan mereka tidak akan kembali,” ujarnya. Sedangkan remitance atau dana yang dibawa pulang ke Jatim, tahun ini jumlahnya meningkat. “Ada sekitar 2 trilyun lebih. Meningkat dibanding tahun lalu yang nilainya sekitar 1,8 trilyun,” ungkap Gus Ipul.

Lancarnya kepulangan para TKI tahun ini, menurut Gus Ipul tak lepas dari adanya kerjasama yang baik dari berbagai pihak. Karena itu, dirinya mengapresiasi baik upaya Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang proaktif menyambut dengan menyediakan 3 bus penjemput. Juga kepada pengelola Bandara Juanda yang memfasilitasi pendirian posko kedatangan dan posko saat mereka kembali. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *