Digitalisasi UMKM Grosir “Jaya Mandiri” Menggunakan Google Business Dan Website Untuk Memperluas Pasar

  • Whatsapp

Pada saat ini, UMKM di Indonesia sedang berkembang dengan pesat. Melihat pesatnya perkembangan UMKM menandakan bahwa persaingan yang dimiliki antar UMKM akan semakin tinggi. Akan tetapi, masih terdapat banyak UMKM yang kalah saing dikarenakan belum menerapkan digitalisasi. Digitalisasi memiliki peran yang penting dalam perkembangan bisnis modern, termasuk UMKM. Maka dari itu, setiap UMKM perlu bersaing dengan mengambil langkah untuk mulai menerapkan digitalisasi tentunya dengan tujuan untuk lebih memperluas pasar. Salah satu UMKM yang akan dan ingin untuk mulai menerapkan digitalisasi adalah Grosir “Jaya Mandiri”.

Terdapat banyak hal yang dapat dilakukan UMKM untuk dapat memperluas dan mempertahankan pasar secara digital, salah satunya dengan dukungan Google Business dan Website. Google Business merupakan fitur gratis yang disediakan oleh Google diperuntukkan untuk para pebisnis yang memiliki keperluan untuk mengelola bisnis di internet mulai dari pencarian hingga maps. Dengan hadirnya Google Business memiliki banyak manfaat bagi para pebisnis, yaitu untuk mempromosikan bisnis secara gratis, meningkatkan kepercayaan calon pelanggan karena kelengkapan informasi yang ada mulai dari jam operasional sampai lokasi bisnis yang dapat diakses pada google maps, dapat meningkatkan visibilitas, dan tentunya dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, yaitu membahas mengenai pengertian dan manfaat dari webiste. Website merupakan kumpulan dari halaman web yang berisikan mengenai berbagai informasi yang dapat diakses sesuai dengan kebutuhan para pencari web.

Website memiliki manfaat bagi UMKM, yaitu dapat menampilkan katalog produk, berbagai informasi pendukung, dan kontak yang dapat diakses oleh pelanggan kapan pun dan di mana pun dan dengan menggunakan website, pelanggan dapat mencoba sensasi berbelanja yang baru. Dengan menerapkan kedua hal tersebut, tentunya UMKM dapat lebih memaksimalkan jangkauan pasar dan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan dengan adanya keterangan informasi bisnis yang lengkap.

Melihat penjelasan dan manfaat dari penerapan Google Business dan Website terhadap suatu bisnis membuat tertarik untuk mendalami dan mempraktekkan terkait hal tersebut.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, seorang mahasiswi asal UPN ‘Veteran” Jawa Timur, Carissa Ruth Malinda (Administrasi Bisnis’20) yang sedang mengikuti program Studi Independen Bersetifikat di PT. Narasumber Teknologi Indonesia dengan fokus pada pembelajaran dan pelatihan digitalisasi UMKM terdorong untuk membantu sekaligus praktek membuat Google Business dan Website untuk UMKM Grosir “Jaya Mandiri” yang berasal dari wilayah Sukoharjo, dengan hasil sebagai berikut.

Berdasarkan hasil dari penerapan diatas, UMKM Grosir “Jaya Mandiri” melalui Google Business dapat memperlihatkan informasi mengenai lokasi melalui Google Maps, jam operasional, nomor telepon, dan ulasan pelanggan kepada calon pembeli yang tentunya akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli dan mulai adanya interaksi pelanggan sejak awal hadir di Google Business.

Selain itu, dengan memanfaatkan Google Business, UMKM Grosir “Jaya Mandiri” dapat meningkatkan visibilitas di mesin pencari Google hanya dengan mengetikkan kata kunci “grosir terdekat” atau “jaya mandiri” yang tentu mempermudah calon pembeli.

Selanjutnya, dengan adanya website Grosir “Jaya Mandiri” dapat memberikandukungan untuk lebih menjelaskan mengenai produk yang ditawarkan, terdapat hasil review barang, dapat lebih meningkatkan kepercayaan calon pembeli, serta memberikan pengalaman belanja yang baru dengan akses yang mudah dan nyaman.

(Carissa Ruth Malinda)

beritalima.com

Pos terkait