Dinas Peternakan Perikanan Bondowoso Lakukan Vaksinasi dan Kastrasi Gratis

  • Whatsapp
Pemilik kucing diberikan arahan oleh tim medis Dinas Peternakan dan Perikanan Bondowosousai kucingnya di Kastrasi. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO,beritalima.com – Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia (Word Rabies Day), Pemkab Bondowoso melalui Dinas Peternakan Dan Perikanan (Disnakkan) tidak hanya menggelar vaksinasi, namun juga pembuangan testis atau ovarium (Kastrasi).

Kegiatan tersebut digelar di Aula Disnakkan setempat, Sabtu (28/9/2024), diikuti oleh ratusan pemilik hewan berbagai jenis mulai dari kucing, monyet, musang dan lain sebagainya.

Kabid Keswan dan Kesmavet Disnakkan Bondowoso, drh Cendy Herdiawan mengatakan, total 140 hewan yang berpartisipasi kali ini. 10 ekor diantaranya menjalani kastraksi.

” Kastrasi ini dikenal masyarakat dengan kebiri atau steril pada jantan, ” katanya saat dikonfirmasi RRI.

Dalam kegiatan tersebut, vaksinasi rabies yang sudah terdaftar sebagian besar adalah kucing. Tingginya animo masyarakat membuat penyelenggara menambah kuota peserta pada saat Car Free Day Minggu lalu.

” Animonya luar biasa sehingga ada tambahan 40 ekor, ” ungkapnya.

Adapun, Word Rabies Day diperingati di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri digelar di seluruh kabupaten/kota secara serentak.

Ketua Komunitas Kucing Bondowoso (Bondowoso Cat Lover), Nanang Supriono menerangkan, 30 anggotanya secara rutin melakukan pemeriksaan berkala untuk menjaga kesehatan.

” Kalau buang kotoran terutama di pasir gumpal itu lebih bagus, ” terangnya.

Untuk menjaga kesehatan, pemilik ternak diimbau untuk menjaga kebersihan kandang dan melakukan perawatan teratur. Pasalnya, kucing juga memiliki potensi penyakit dapat menular ke manusia yang perlu diantisipasi.

Salah satu pemilik kucing, Ramadhani mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan hewan. Warga asal Kecamatan Wringin tersebut membawa kucing peliharaannya untuk dilakukan kastrasi.

” Ini gratis. Biasanya kalau bayar mandiri bisa 400 ribu, ” pungkasnya.(*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait