Disdikpora Bireuen Gelar Lomba Seni Tari Kreasi Dan Tradisonal

  • Whatsapp
“ Tari Top Pade ( Tarian Tumbuk Padi ) tarian Khas Bireuen. (Abdullah Peudada)

BIREUEN,ACEH,BERITALIMA – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bireuen melaksanakan Lomba Seni Tari serta berbagai permainan sebagai ajang hiburan rakyat pada 5-15 Oktober 2017 dalam rangkaian memeriahkan HUT Bireuen Ke-18.

Demikian penjelasan Kabid Kebudayaan dan Pariwisata Disdikpora Bireuen , Mustafa Amin, S.Pd, M.Pd kepada wartawan Senin (2/10) . Disebutkan, perlombaan tarian mulai TK – SMA/SMK/MA digelar tarian kreasi baru dan tradisonal serta berbagai tarian dan permainan rakyat ditampilkan sebagai ajang hiburan bagi masyarakat Bireuen.

“ Lomba seni tari yang digelar merupakan ajang hiburan rakyat . Di Bireuen merupakan agenda tahunan yang setiap tahunnya dilaksanakan sebagai pembinaan kesenian dan tarian dan permainan rakyat dengan sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAU) dan Otsus.” Sebut Mustafa Amin,S.Pd,M.Pd

Dijelaskan, untuk tahun ini pagelaran seni tari dan hiburan rakyat dilaksanakan di dua tempat yaitu di halaman Meuligo Pendopo Bupati Bireuen dan di Pantai Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen.

“ Kami akan melaksanakan awal pagelaran Seni Tari dan ajang permainan hiburan rakyat sekaligus lomba tarian kreasi untuk jenjang SD/MI mulai Jumat-Selasa (6-10/10) malam di halaman Meuligo Pendopo Bupati Bireuen.” Sebut Mustafa Amin.

Sementara Minggu (15/10) akan dilakukan pagelaran tarian kreasi baru untuk tingkat TK/RA disertai dengan permainan rakyat dan tarian tarek pukat di Pantai Kuala Raja, Keacamatan Kuala Kabupaten Bireuen.

Menurut Mustafa ,pagelaran diawali dengan lomba tari kreasi untuk jenjang sekolah SD/MI. Dan malam berikutnya Rabu – Sabtu malam aneka tari termasuk rebana disertai dengan lomba tari kusus kusus Top Pade dan Rapai yang merupakan tarian tradisonal khas Bireuen yang telah menggoyang TMII Jakarta Pusat pekan lalu. Selain tari kreasi baru juga akan dilaksanakan lomba tari dan hiburan rakyat Tari Seudati Tunang dari para siswa untuk seluruh jenjang mulai SD/MI – SMA/SMK/MA.

Sementara Minggu (15/10) akan dilakukan pagelaran tarian kreasi baru untuk tingkat TK/RA disertai dengan permainan rakyat dan tarian tarek pukat di Pantai Kuala Raja, Keacamatan Kuala Kabupaten Bireuen. ( Abdullah Peudada )

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *