Disperpus dan Kearsipan Tingkatkan Peran Aktif Mahasiswa Sadar Arsip

  • Whatsapp
Tidak kurang dari 100 mahasiswa dengan antusias mengikuti Sosialisasi FKMSA di Gedung Rektorat UPN Veteran Surabaya, Rabu (1/11/2017).

SURABAYA, beritalima.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim kembali menggelar Sosialisasi Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip (FKMSA). Kali ini pada para mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya.

Kegiatan yang digelar di Ruang Bromo Gedung Rektorat UPN Veteran Surabaya pada Rabu (1/11/2017) ini diikuti dengan antusias lebih dari 100 mahasiswa Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial (FISIP) UPN dari berbagai program studi (Prodi).

Mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur,
Drs Sudjono MM, Kabid Pembinaan dan Pengawasan Arsip Drs Gatot Tjatur MM menjelaskan, maksud dari kegiatan ini adalah meningkatkan peran serta masyarakat khususnya kampus dalam pembangunan di bidang kearsipan.

Tujuannya, kata Gatot, untuk menyosialisasikan keberadaan FKMSA di kalangan mahasiswa, dan terciptanya sinergi antar Pemerintah dan masyarakat/kampus dalam membangun jati diri dan identitas bangsa melalui penyelamatan arsip.

Menurut Gatot, komunitas masyarakat berbasis mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se Jatim akan menjadi mitra kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dalam mengkampanyekan sadar arsip bagi masyarakat di Jatim.

“FKMSA ini merupakan kepanjangan tangan kami di masyarakat. Peran FKMSA yang telah dibekali tentang kearsipan diharap keaktifannya dalam menuangkan ide-idenya untuk pengembangan kearsipan di masyarakat,” kata Gatot.

“Kami percaya dengan dukungan dan komitmen yang tinggi dari para mahasiswa di bidang kearsipan, FKMSA dapat melanjutkan perannya dan memberikan marwah yang positif untuk terwujudnya peningkatan kesadaran kearsipan di Jatim yang lebih baik,” tambah alumnus Hubungan Internasional Unair Surabaya ini.

Di tempat yang sama, Dekan FISIP UPN Veteran Surabaya, Dr Lukman Arief, menyambut baik prakarsa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim untuk menggelar acara ini di Kampus UPN.

Lukman mengatakan, kegiatan yang berlangsung sehari ini selain bisa memberi semangat pada mahasiswa yang jadi peserta untuk peduli dan sadar arsip, juga memotivasi perguruan tinggi ini untuk membuka Prodi tentang tata kelola arsip.

“Kami memandang kearsipan ini hal yang penting. Tanpa ada arsip akan susah,” ujarnya, sembari menambahkan kalau perguruan tinggi ini pernah Juara 2 Jatim tentang tata cara kearsipa

“Ke depan bangsa ini akan semakin membutuhkan tenaga kearsipan. Dengan demikian kebutuhan SDM yang menguasai arsip jelas sangat besar. Ini yang menjadi pertimbagan kami untuk suatu saat membuka prodi tata kelola arsip,” jelas Lukman. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *