Dokter, Kenapa Badanku Bau ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr, Robert Arjuna FEAS *
Masalah bau badan memang bukan hal yang tabu lagi terjadi pada sejumlah orang. Bau badan juga bisa mengganggu kenyamanan orang lain karena harus mencium bau yang tidak sedap.
Bau badan dapat menurunkan rasa percaya diri Anda.saya banyak cerita soal bau badan ini teringat mantan supir kami Pak Amat 45 th, badannya bau walaupun udah mandi beri rexona dioles ketiak, sewaktu dalam mobil bau badannya terasa tengik sekali dan harus menahan nafas sampai anakku tak tahan, bekerja tak sampai sebulan kami buang.Lalu seorang pasienku perempuan gemuk badannya bau keringat walaupun diberi parfum badan tetap bau badan tak sedap, suami minta tolong bagaimana cara hilangkan karena semenjak lahir anak badan gemuk dan badan berbau keringat,sampai tak berani makan ikan asin atau daging,mari kita bahas kenapa badan bisa bau?

Walau sudah mandi dengan bersih tapi tubuh masih mengeluarkan aroma tak sedap?Mungkin kamu sedang terkena masalah bau badan.Masalah bau badan ini tak hanya dialami olehb orang yang memiliki produksi keringat berlebih. Orang yang selalu berada di ruangan ber-AC pun juga bisa terkena masalah bau badan, kenapa ya?

FAKTOR PENCETUS BAU BADAN :
1. Stres dan kecemasan
2. Infeksi bakteri di kulit,jamur ,protozoa
3. Perobahan hormon
4. Faktor penyakit
5. Memakan makanan tertentu

Kulit seseorang mengandung kelenjar keringat ekrin dan apokrin. Kelenjar apokrin mulai berfungsi saat pubertas dan berhubungan dengan folikel rambut di ketiak serta selangkangan Kelenjar apokrin tersebut menghasilkan keringat kental kaya protein yang awalnya tidak berbau. Namun, saat bakteri memecah protein yang melimpah, mereka akan menghasilkan molekul bau dan mem8cu bau badan baiknya, kelenjar keringat ekrin berfungsi mengatur suhu tubuh melalui keringat, dan tidak terlalu terkait dengan bau badan.

PENYEBAB BAU BADAN:
1. Infeksi vagina Beberapa infeksi vagina, seperti infeksi parasit vagina atau vaginosis bakterial, dapat menyebabkan perubahan bau vagina secara tiba-tiba. Bisa karena infeksi bakteri, jamur, trichomiasis dll
2. Menopause, menstruasi, dan kehamilan Ketiga kondisi tersebut menyebabkan fluktuasi hormon dalam tubuh dan menjadi penyebab bau badan. Bau ini tidak perlu dikhawatirkan, karena saat hormon tubuh kembali normal, baunya pun ikut menghilang.
4. Kekurangan Magnesium pada Tubuh Magnesium adalah jenis mineral yang dapat membantu menghilangkan aroma tak sedap pada organ internal. Jika kebutuhan magnesium terpenuhi, tubuh juga akan terbebas dari bau badan.

5. Obesitas Hal tersebut disebabkan karena orang obesitas memiliki lebih banyak pori-pori tersembunyi di dalam lipatan tubuh. Akibatnya, area lipatan tubuh ini menjadi lebih lembap sehingga bakteri berkembang dengan lebih cepat di sana.

6. Terlalu Banyak Konsumsi Kafein dan Gula Kafein bisa mengurangi kadar magnesium pada tubuh dan memicu aroma badan yang tak sedap. Pun begitu dengan gula, pemanis tersebut juga memiliki andil dalam mengurangi kadar magnesium tubuh.

7. Sedang Banyak Pikiran :Ketika kamu sedang banyak pikiran dan mengalami stres, tubuh akan memproduksi keringat lebih banyak dari biasanya. Keringat berlebih akan memudahkan bakteri mengubah keringat menjadi aroma tubuh yang tidak sedap.

8. Gangguan Metabolisme Tubuh Orang gangguan metabolisme trimethylaminuria juga berpotensi memiliki bau badan tak sedap walaupun sudah mandi. Trimethylaminuia merupak an kondisi di mana tubuh tidak mampu memecah hormon trimetilamina yang terkandung dalam beberapa jenis makanan tertentu.

9. Tidak Menjemur Handuk dengan Baik Apabila handuk mandi tidak dijemur dengan benar, handuk akan berbau apek. Nah, bau apek yang berasal dari handuk akan menempel ke badan jika kamu memakai handuk itu untuk mengeringkan tubuh.

10. Terlalu Sering Konsumsi Makanan Pedas Makanan pedas bersifat panas sehingga ketika dikonsumsi suhu tubuhmu akan meningkat. Ketika suhu tubuh meningkat, respons alami tubuh untuk menurunkan suhu adalah dengan mengeluarkan keringat. Jadi, tak perlu heran jika keringatmu lebih deras ketika kamu mengonsumsi makanan pedas.

11. Tidak Menjaga Kebersihan Tubuh dengan Tepat Sebelum mencari cara menghilangkan bau badan, coba cermati dulu kebiasaanmu dalam membersihkan tubuh. Apakah kamu sudah mandi dua kali sehari? Apakah kamu sudah menggosok daki dengan benar? Dan apakah kamu rutin mengganti pakaianmu setelah mandi?
12. Mengonsumsi makanan tertentu Makanan yang kamu konsumsi terkadang bisa menyebabkan perubahan bau badan yang bersifat sementara dan terjadi tiba-tiba. Beberapa jenis makanan yang bisa menimbulkan bau badan akibat penumpukan gas dalam tubuh, antara lain: Brokoli,Bunga kol.Kubis. Pakcoy. Asparagus. Bawang-bawangan.
13. Stres dan hiperhidrosim karena munculnya keringat berlebih. Tak hanya stres, keringat berlebihan juga bisa muncul karena kondisi yang disebut dengan hiperhidrosis . Hiperhidrosis sendiri merupakan kondisi ketika tubuh memproduksi keringat berlebihan, tetapi tidak berkaitan dengan aktivitas fisik atau suhu udara.
14. Mengidap diabetes Bila kadar gula darah tinggi.Jika kadar gula darah melonjak tinggi, dapat terjadi komplikasi yang disebut ketoasidosis diabetik (DKA). Hal ini terjadi akibat tubuh tidak dapat mengolah keton, yaitu senyawa asam yang dihasilkan oleh tubuh saat membakar lemak untuk dijadikan energi. jika keton menumpuk hingga tingkat berbahaya di dalam tubuh, hal ini bisa menjadi pemicu bau badan. Selanjutnya, tubuh akan mengeluarkan keton dalam bentuk darah atau urine.
CARA MENGHILANG RASA BAU BADAN :
1. Gunakan deodoran
2. Mandi secara teratur
3. Lakukan teknik relaksasi
4. Gunakan sabun antibakteri
5. Keringkan badan dengan benar
6. Perhatikan asupan makanan
7. Kenakan pakaian yang bersih dan dapat menyerap keringat

Ada beberapa cara menghilangkan bau badan secara alamiah adalah:
1. Baking soda
2. Cuka sari apel
3. Tea tree oil
4. Daun sirih

Demikian sekilas info dari berbagai pencetus bau badan harus bisa kita pilah penyebabnya dari mana,semoga artikel singkat ini bisa memberi tambah ilmu agar kita tahu dari mana dan pencegahan bau badan ini, terimakasih.
RobertoNew 1842《 16.9.24 (06.00)》
• Praktisi Dokter &,Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait