Dokter, Visus Mataku Berapa ?

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Mengingat dahulu kala di zaman nenekku hampir tak ada orang berkaca mata setelah zaman kami mulai ada orang memakai kaca mata dan sampai anak kami hampir mereka sudah pakai kacamata seperti halnya anak Pak Tommy yang berusia 6 tahun kacamata tebal dan anak Pak
Syaiful 5 tahun kacamata tebal. Menurut dokter mata karena pengaruh baca di komputer , Hp sambil terus melihat dan membaca ,tak bisa lepas dari kacamata selain mandi dan tidur. Tak heran sekarang anak muda sudah gila pada Hp mulai pagi sampai malam lihat Hp melulu. Maka topik ini kami mengajak anda membahas ….

TEST VISUS MATA
Visus mata atau tes ketajaman penglihatan dilakukan untuk mengetahui kemampuan mata melihat objek dengan jelas dalam jarak tertentu. Tes ini biasa digunakan sebagai cara mengetahui kelainan refraksi mata seperti mata minus (rabun jauh), rabun dekat, dan mata silinder. Tes visus bisa dilakukan oleh dokter spesialis mata, tapi saat ini juga sudah banyak tersedia di berbagai optik. Ketahui prosedur dari tes visus mata secara lengkapnya di sini.

Visus mata bisa dievaluasi dengan beberapa jenis pemeriksaan, termasuk pemeriksaan menggunakan kurva Snellen. Pada pemeriksaan ini,Anda akan diminta membaca beberapa jenis huruf dengan beragam ukuran dari jarang tertentu dengan masing-masing mata. Dari hasil pemeriksaan tersebut, bisa disimpulkan berapa tajam penglihatan masing-masing mata Anda.

Visus orang normal (emetropia) adalah 6/6, artinya orang normal dapat membaca huruf pada jarak 6 meter, penderita dapat membaca huruf pada jarak 6 meter juga. Jika visus kurang dari 6/6, lakukan pemeriksaan pinhole pada penderita.

Normalnya nilai 6/6 merupakan tajam penglihatan (visus) optimal yang dimaksudkan sebagai objek dapat dilihat pada jarak 6 meter sama seperti pada populasi mata normal. Visus 6/20 diartikan sebagai objek tersebut dapat dilihat oleh populasi mata normal dari jarak 20 meter sedangkan pasien dapat melihat dari jarak 6 meter.

Anda dikatakan memiliki gangguan refraksi jika tidak memiliki tajam penglihatan 6/6. Gangguan refraksi diartikan sebagai cahaya yang tidak dibelokan dengan tepat ketika melalui lensa mata. Pemeriksaan refraksi mata akan memberi gambaran pada dokter mengenai resep lensa yang harus Anda gunakan untuk mencapai tajam penglihatan 6/6.

KRITERIA MATA BERMASALAH
1. Astigmatism, masalah refraksi yang berhubungan dengan bentuk lensa mata, menyebabkan pandangan buram
2. Hypermetropia, yang dikenal sebagai rabun dekat
3. Myopia, yang dikenal sebagai rabun jauh
4. Presbyopia, kondisi berkaitan dengan penuaan yang menyebabkan lensa mata bermasalah untuk fokus.

Anda adalah 20/ 50, maka artinya, Anda baru bisa melihat suatu obyek dengan selas jika didekatkan jaraknya menjadi 20 kaki, padahal orang lain sudah bisa melihat jelas obyek tersebut di jarak 50 kaki

Normalnya nilai 6/6 merupakan tajam penglihatan (visus) optimal yang dimaksudkan sebagai objek dapat dilihat pada jarak 6 meter sama seperti pada populasi mata normal. Visus 6/20 diartikan sebagai objek tersebut dapat dilihat oleh populasi mata normal dari jarak 20 meter sedangkan pasien dapat melihat dari jarak 6 meter.

Apabila Anda memiliki salah satu jenis kelainan refraksi atau mata rabun, pemeriksaan visus bertujuan untuk menentikan kekuatan a ketebalan lensa yang diperlukan untuk mengoreksi (memperbaiki) penglihatan Anda..

Tes visus umumnya dilakukan dengan bantuan Snellen chart atau bagan Snellen. Bagan ini dikembangkan oleh seorang dokter spesialis mata dari Belanda, Herman Snellen, pada tahun 1860-an. Ada banyak variasi dari Snellen chart yang digunakan dalam tes ketajaman mata. Secara umum Snellen chart yang digunakan untuk tes mata terdiri dari 11 baris huruf kapital dengan ukuran yang bervariasi. Semakin ke bawah ukuran huruf akan semakin kecil.

MEMBACA SNELLEN CHART
Setiap baris bagan Snellen dilengkapi dengan angka yang merupakan jarak (dalam satuan kaki). Angka ini menunjukkan jarak normal seseorang dapat membaca dengan jelas huruf pada baris tersebut ketika melakukan tes.

Misalnya, terdapat angka 20/200 di samping baris huruf pertama. Angka pertama, yaitu 20, mewakili jarak antara Anda dengan Snellen chart tersebut, yaitu 20 kaki atau 6 meter jauhnya. Tes visus mata dengan membaca huruf di bagan Snellen biasanya memang dilakukan dalam jarak 6 meter.

Sedangkan angka kedua, yaitu 200 mewakili jarak maksimal di mana mata Anda masih mampu membaca huruf pada barisan tersebut dengan jelas. Angka 200 berarti, 200 kaki atau 60 meter. Begitu seterusnya untuk angka-angka yang tertera di bawahnya.

Menurut American Academy of Ophthalmology, ketajaman penglihatan normal manusia dalam ukuran bagan Snellen adalah 20/20 kaki atau dalam satuan meter adalah 6/6 m.

Artinya, dalam jarak 20 kaki, alias 6 meter, mata Anda seharusnya masih cukup tajam untuk melihat tulisan yang memang normalnya dapat terbaca dari jarak tersebut.

MANFAAT CEK TAJAM PENGLIHATAN :
1. Skrining lebih dini untuk mendeteksi adanya gangguan penglihatan.
2. Membantu dokter mata dalam melakukan penegakan diagnosis pada penyakit mata refrakter
3. Membantu dokter mata melakukan evaluasi perubahan penglihatan akut, traumatik, dan non traumatik.
4. Membantu dokter mengevaluasi kembali penglihatan setelah tindakan korektif atau intervensi.
Tajam penglihatan digunakan sebagai parameter kemampuan mata seseorang untuk membedakan dua stimulus visual yang terpisahkan oleh suatu ruang. Pemeriksaan tajam penglihatan dilakukan berdasarkan berapa besar ukuran stimulus yang berasal dari sudut objek yang jatuh di titik nodus mata Penglihatan yang kurang jelas atau buram biasanya menjadi gejala tersering menjadi alasan pasien berkunjung ke fasilitas kesehatan. Penglihatan buram ini sering berhubungan dengan menurunya tajam penglihatan seperti miopi. Bisa juga hipermitropi atau gangguan ketajaman yang lain

Pengukuran tajam penglihatan seseorang dapat membantu seorang dokter untuk memonitor perkembangan pasien yang mengalami kelainan refraksi secara berkala. Hal ini juga dapat digunakan sebagai alat evaluasi mengenai terapi yang telah diberikan sebelumnya seperti kacamata, lensa kontak, lasik, dan lainnya memberikan hasil yang baik untuk pasien tersebut.
Pengukuran tajam penglihatan secara berkala juga dapat digunakan sebagai pertimbangan mengenai terapi yang sudah diberikan perlu dilanjutkan atau membutuhkan penyesuaian.

SARAN & KESIMPULAN
Bila anda mengalami gangguan penglihatan sesegera mungkin berobat ke dokter mata apakah anda Miopia, Hypermiopia, Selendris , katarak, Glaucoma, karena mencegah lebih baik dari pada pengobatan, semoga penjelasan singkat ini berguna bagi anda.terimakadih
RobertoNews 1751《 1.2.24(08.05)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait