Dongkrak Perekonomian Desa, Pemdes Dapet Revitalisasi Alun Alun Mbah Ronggo Sebagai Destinasi Wisata Food Court dan Kolam Renang

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com- Pemerintah Desa (Pemdes) Dapet Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Jawa Timur membangun alun-alun desa sebagai destinasi wisata.

Alun-alun yang dilengkapi dengan kolam renang dan food-court itu diberi nama alun-alun Mbah Ronggo.

Siswadi, Kepala Desa Dapet mengungkapkan, pariwisata merupakan salah satu kunci pendongkrak perekonomian masyarakat karena kegiatan ini berhubungan langsung dengan kehidupan masyarakat. Alun-alun Mbah Ronggo multifungsi. Sebagai wahana wisata masyarakat sekaligus dikelilingi usaha kecil kbusus warga setempat.

“UMKM khusus untul warga Dapet. Tidak boleh ada dari warga diluar. Kami memang membidik wisata, karena pariwisata dapat menjadi salah satu sektor ekonomi utama dalam sebuah desa. Sehingga juga akan menyumbang pendapatan asli desa dan menciptakan lapangan kerja dan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang positif,” ungkap Siswadi saat ditemui di alun-alun Ronggo, Selasa (9/7/24).

Dikatakan Siswadi, di alun-alun Mbah Ronggo, juga dibangun panggung permanen untuk mewadahi anak-anak muda yang memiliki jiwa seni bisa digembleng dan dikembangkan dipanggung tersebut.

“Karangtaruna memiliki group musik New Pemuda Dapet. Kita singkat New Pemda. Besuk hari minggu kita akan launching bersama New Pemda,” imbuhnya.

Menurut Siswadi lahan yang digunakan untuk alun-alun Rangga ini sementara seluas 2 hektar. Yang nantinya akan tetap dilalukan perluasan dengan penglolanya BUMdes setempat.

“Anggarannya dari dana desa dan bantuan keuangan atau BK tahun 2023. Saya yakin destinasi wisata ini sangat diminati karena baru pembangunan saja antusias warga dari luar juga banyak yang mulai melihatnya. Kita harus kreatif untuk mendorong ekonomi desa biar tambah semakin berkembang. Dikelola oleh BUMdes,” tandasnya.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait