Dorong Pengembangan Halal LifeStyle, BI Jatim Segera Gelar FESyar Jawa

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (KPw BI Jatim) siap menggelar Festival Ekonomi Syariah Jawa (FESyar Jawa 2024) pada 13 – 15 September 2024 mendatang.

Kegiatan ini akan digelar di Area Masjid Akbar Surabaya, dengan tujuan untuk mendorong pengembangan “Halal LifeStyle” yang nantinya bakal berdampak pada peningkatan ekonomi Indonesia.

Kepala KPw BI Jatim, Erwin Gunawan Hutapea, mengatakan, terkait FESyar Jawa 2024, ada tiga sektor yang menjadi fokus BI Jatim dalam memajukan ekonomi Jawa Timur, yakni digitalisasi, pengembangan UMKM, dan pengembangan ekonomi syariah.

“Karena ekonomi syariah ini menjadi salah satu pengembangan ekonomi baru, Bank Indonesia secara sistematis dan berkelanjutan melakukan upaya pengembangan ekonomi syariah setiap tahun,” ujar Erwin, Rabu (4/9/2024).

FESyar dilakukan secara bertahap, mulai dari kantor BI kabupaten dan kota, provinsi hingga puncaknya di Jakarta, yaitu ISEF, yang secara tahunan dilakukan pada Oktober.

Menurutnya, gerakan ini harus terus digalakkan agar tercipta pertumbuhan ekonomi syariah yang maksimal. Karena, sejauh ini konsentrasi pengembangan ekonomi syariah hanya pada industri keuangan, padahal sebenarnya cakupan ekonomi syariah cukup luas, utamanya “halal lifestyle”.

Saat ini BI Jatim mendorong sektor kuliner untuk memenuhi kriteria kehalalan, begitu juga dengan mode atau fashion, kosmetik hingga permintaan halal tourism.

Jika konsumsi dan awarenes tumbuh, maka halal konsumen juga mulai tumbuh, maka ini akan mendorong dari sisi produsen.

Diakui, ada banyak tantangan dalam pengembangan ekonomi syariah yang sampai saat ini pertumbuhannya masih belum optimal.

“Kami mulai mendorong halal lifestyle. Bahwa halal lifestyle tidak cuma untuk muslim. Kami mendorong kuliner yang memenuhi kriteria kehalalan, modest fashion, kosmetik halal, tourism yang Moslem friendly,” ujar Erwin.

Dicontohkan, saat usaha akan berkembang dan sudah tidak bisa dipenuhi dengan modal sendiri, kebutuhan financing halal juga akan tumbuh. Karena itu, perkembangan secara holistic mulai hulu hilir akan tumbuh bersamaan. (Gan)

Teks Foto: Kepala KPw BI Jatim, Erwin Gunawan Hutapea (2 dari kanan) saat menjelaskan tentang agenda FESyar Jawa 2024.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait