DPMD Kabupaten Sumenep Gelar Bimtek Profil Desa 2019

  • Whatsapp
Bimtek Profil desa tahun 2019 bertempat di hotel Utami Sumekar Sumenep

SUMENEP, beritalima.com|Dalam rangka memantapkan pemahaman mengenai Gerakan Desa, Dinas Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep menggelar Bimtek Profil desa tahun 2019 bertempat di hotel Utami Sumekar Sumenep.

Acara yang digelar untuk pendamping desa ini digelar dua tahap. tahap pertama sejak tanggal Selasa 24 – 25 2019. Tahap kedua dari tanggal 26 – 27 September 2019 dengan peserta masing – masing 80 pendamping setiap tahapan.

Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli, S. Sos. MSi. melalui Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat DPMD Kabupaten Sumenep, Tabrani mengemukakan, Bimtek Profil desa dalam tajuk Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Membangun Desa ini adalah Untuk mewujudkan desa mandiri.

Program ini mendukung kebijakan Peningkatan pembinaan sistim manajemen perencanaan partisipatif, pengembangan keswadayaan masyarakat dan pengembangan komunitas masyarakat pelestari nilai-nilai adat serta sosial budaya lokal.

“Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan swadaya dan partisipasi masyarakat serta pemberdayaan adat dan nilai-nilai sosial budaya masyarakat”, jelasnya.

Tabrani dalam sambutannya antara lain berpesan bahwa perencanaan pembangunan yang tepat dan terarah disetiap level pemerintahan sangatlah tergantung pada data profil desa yang akurat dan valid. Profil desa sendiri haruslah dapat menggambarkan dengan jelas tentang kondisi nyata dan menyeluruh tentang kependudukan, kelembagaan , potensi serta tigkat perkembangan desa.

“Karenanya kepada para peserta diminta untuk memanfaatkan momen bimtek ini untuk menyerap ilmu yang diberikan para Narasumber dan Pelatih secara maksimal”. Pungkasnya.

(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *