DPRD Surabaya Siap Bentuk Pimpinan Definitif, PDI-P Ditinggal?

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Setelah pelantikan anggota DPRD kota Surabaya, pada Sabtu (24)8/2024) yang lalu, dan hampir 60 Hari AKD (Alat Kelengkapan Dewan) Belum Terbentuk, DPRD kota Surabaya Segera Paripurnakan Penetapan Pimpinan Definitif

Pimpinan sementara DPRD Kota Surabaya Bahtiyar Rifai mengatakan, bahwa pihaknya akan menggelar rapat paripurna dengan agenda usulan pimpinan definitif, pada Rabu (9/10)2024) mendatang.

Dia menyebut, nama calon pimpinan definitif yang diusulkan adalah Bachtiar Rifai dari Partai Gerindra, Arif Fathoni dari Partai Golkar dan Laila Mufidah dari PKB.

“Karena sejak dilantik (tgl 24 Agustus 2024) hingga saat ini masih 3 partai yang telah mengirim nama calon pimpinan definitif, sementara dari PDI-P masih belum.” kata Bahtiyar kepada wartawan, Senin (7/10/2024).

Bahtiyar mengaku jika pihaknya telah berkoordinasi dengan Ketua (sementara) Adi Sutarwijono yang sepakat untuk menggelar rapat paripurna penetapan pimpinan definitif untuk 3 wakil.

Sebab penundaan penunjukan ketua DPRD kota Surabaya definitif telah melewati batas waktu yang telah ditentukan.

“InsyaAllah besok hari Rabu (9/10/2024) jam 10 pagi akan dilakukan rapat paripurna penetapan pimpinan definitif, yang sampai saat ini masih 3 calon pimpinan, kecuali dari PDI-P. Jika nantinya dari PDI-P sudah keluar, kita akan paripunakan lagi tersendiri,” paparnya.

Bahtiyar menegaskan, kinerja 50 anggota DPRD Surabaya periode 2024-2029 masih terbatas karena AKD belum terbentuk.

“Pelayanan secara umum, kita setengah kaki. karena fraksi hanya bisa menampung. Kalau AKD sudah terbentuk baru bisa mengundang pihak-pihak terkait. Fraksi itu bukan bagian dari AKD, tetapi kepanjangan tangan partai,” jelasnya.

Namun demikian, jika ternyata surat rekomendasi nama calon pimpinan DPRD Surabaya dari PDI-P bisa keluar dan terkirim sebelum rapat paripurna digelar, maka agenda rapat paripurna bisa saja diubah.

“Yakni dengan formasi lengkap penetapan Ketua dan 3 Wakil pimpinan,” pungkas Bahtiyar Rifai.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait