Dra Hj Fatma Saifullah Yusuf : PEWOSI Bertekad Berdayakan Wanita Berolah raga

  • Whatsapp

PERWOSI bertekad meningkatkan peranserta di dunia olah raga lebih berarti  dengan memberdayakan wanita untuk berolah raga, sehingga tercipta keluarga yang sehat. Oleh karena itu Pengurus Perwosi harus dapat mengajak dan membiasakan diri untuk berolah raga, terutama olah raga yang bersifat fun dan menyehatkan.

Hal itu ditegaskan Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) PERWOSI Jawa Timur Dra Hj Fatma Saifullah Yusuf ketika melantik Pengurus Kabupaten (Pengkab) PERWOSI Ponorogo masa bakti 2016-2020, di Pendopo Kab Ponorogo, Kamis (26/5).

Bu Fatma, sapaan akrabnya, mengharapkan Pengkab Perwosi Ponorogo yang baru dilantik dibawah kepemimpinan Hj Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni, S.Sos dapat mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga, selain itu, melaksanakan kegiatan yang  bersifat keolahragaan pada wanita dan anak-anak diutamakan anak perempuan, secara luas, bertahap dan berjenjang, bersama pelaku olah raga, serta menjalin kerjasama dengan berbagai instansi dan organisasi olah raga untuk membina wanita dalam berolah raga.

PERWOSI sebagai anggota KONI dan Mitra bagi induk organisasi olah raga pada umumnya, diharapkan mampu berperan serta memberdayakan wanita dan anak-anak perempuan pada khususnya untuk kepentingan olah raga dan pendidikan jasmani.

Dalam hal ini PERWOSI tidak membina atlet, namun dapat membantu KONI untuk mencari bibit-bibit atlet, manakala dalam program yang dilaksanakan menemukan calon atlet yan berbakat, PERWOSI dapat segera menghubungkan calon atlet tersebut kepada KONI setempat  untuk mendapat pembinaan dengan sungguh-sungguh. Yang kelak diharapkan dapat menjadi atlet kebanggaan Kab/ Kota, bahkan menjadi atlet Jatim di kancah nasional atau di tingkat internasional.

PERWOSI sebagai wadah organisasi wanita olah raga tidak semata-mata menggeluti bidang olah raga saja, namun juga ikut berpartisipasi aktif didalam program-program pemerintah dan lingkungan. ”Hal ini merupakan tugas-tugas tambahan PERWOSI untuk peduli terhadap lingkungan dan melaksanakan program pemerintah, disamping tugas pokok PERWOSI yaitu membentuk keluarga yang sehat dan tangguh untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan tangguh untuk mewujudkan keluarga sejahtera yang cinta olah raga.

Tugas dan tantangan Perwosi kedepan  yang semakin kompleks, maka pengembangan diri, penambahan wawasan, iptek dan peningkatan peran wanita mutlak diperlukan, agar wanita dapat menduduki jabatan penting, khususnya dalam organisasi oleh raga, sehingga kelak diharapkan dapat ikut menentukan sebuah kebijakan tentang keolahragaan perempuan.

Pengprov PERWOSI Jatim 27-29 Mei mengadakan pertandingan bola voli wanita usia 40 tahun ke atas se – Bakorwil Madiun, dan road show Senam Rekreasi PERWOSI Jatim-2 sebagai Icon PERWOSI.

Sementara itu Bupati Ponorogo Drs. H Ipong Muchlissoni selaku Pelindung Pengkab Perwosi Ponorogo mengatakan, dengan dilantiknya pengurus Kabupaten Perwosi Ponorogo ini, maka hal ini menandakan sebagai awal dimulainya berbagai kegiatan olah raga kreatif di Ponorogo, dan akan  terus dilanjutkan sampai ke tingkat ranting/ kecamatan.  Karena kalau olah raga bisa memasyarakatkan, insya Allah kita semu sehat,  kalau sehat, maka akan melakukan kegiatan apapun juga enak dan nyaman.

Sebagai sebuah organisasi olah raga wanita bersifat fungsional tentu  memberikan peran yang sangat penting  dalam rangka menunjang olah raga prestasi. Dengan demikian keberadaan Perwosi diharapkan  bisa memasyarakatkan olah raga lebih luas, terutama di kalangan ibu-ibu dan perempuan. Karena sebagai organisasi fungsional, maka salah satu tugas dan perannya adalah menghadirkan kompetisi-kompetisi / acara olah raga yang  bersifat rekreatif.

Setelah pelantikan ini, pengurus Perwosi mulai Kabupaten Ponorogo sampai kecamatan harus segera menyusun kalender kegiatan olah raga rekreatif, baik voly, senam, atau olah raga lainnya. Kala hal ini bisa dilakukan,  juara kabupaten bisa dikirim ke tingkat provinsi, dan seterusnya. “Memang ini bukan untuk prestasi karena usianya diatas 40 tahun. Tapi ibu-ibu yang usia diatas 40 tahun penting untuk olah raga rekreatif.  Supaya gerakannnya terus berlanjut dimanapun berada,” ujarnya

Gebyar Senam Rekreasi PERWOSI

Dalam rangka menyambut HUT PERWOSI ke-49 Kab Ponorogo, sebelum acara pelantikan, dilaksanakan senam Rekreasi PERWOSI versi-2 di halaman Pendopo Kab Ponorogo, yang diikuti Bupati Ponorogo, Kapolres, para Camat, SKPD, Pengurus Pengkab Perwosi, Pengurus Ranting Kecamatan Perwosi, Organisasi wanita di Ponorogo,  sanggar senam, dan siswa/ siswi.

Menurut Ketua Pengprov Perwosi Jatim Hj Fatma Saifullah Yusuf, senam ini merupakan gabungan  antara senam olah tubuh dan olah seni yang bisa dilakukan semua lapisan masyarakat, baik tua, muda maupun anak-anak, dan bisa dilakukan dengan busana apapun. Implementasi sosialisasi senam Persosi sudah dilaksanakan sejak akhir 2014.

“Saya harapkan senam rekreasi Perwosi ini bisa di sosialisasikan Kab/ kota sampai ke pelosok desa, dengan tetap melakukan senam minimal sekali seminggu. Sehingga, jika seluruh masyarakat tubuhnya sehat, keluarga sehat, Indonesia akan menjadi negara yang sehat dan kuat,’ harapnya.

Isteri Wagub Jatim ini dalam kesempatan itu juga mengajak pengurus PERWOSI dan seluruh masyarakat di Jatim agar peduli terhadap pemberantasan penyalahgunaan narkoba yang mulai marak, pelecehan seksual terhadap anak baik laki-laki maupun perempuan.

Selain itu, ibu-ibu harus memberikan edukasi bahaya obesitas anak yang sering jajan di luar rumah yang rentan mengandung zat-zat berbahaya atau beracun.

“Kaum perempuan harus berupaya meningkatkan peran sertanya, karena laki-laki dan perempuan sekarang jumlahnya sama. Saya ingin salah satu bisa menjadi agen perubahan yang sehat dan cerdas, tapi tidak boleh  lepas dari kodratnya sebagai isteri dan ibu bagi putera-puterinya,” tambahnya

Bupati Ponorogo H Ipong Muchlissoni mengatakan, usia 49 tahun merupakan usia yang cukup senior bagi sebuah organisasi, diharapkan Perwosi bisa menggelorakan semangat olah raga agar kita semua lebih sehat.

“Perwosi dalam mendorong jalannya kegiatan olah raga di Kabupaten Ponorogo diharapkan kedepan mempunyai prestasi-prestasi yang membanggakan,” harapnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) PERWOSI Ponorogo Hj Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni, S.Sos  mengutarakan, Gebyar senam Rekreasi  ini dilaksanakan dalam rangkaian HUT Perwosi ke 49 di Kab Ponorogo. Hal ini sesuai dengan program kerja, tujuannya selain untuk mempererat tali silaturahmi, juga memasyarakatkan senam rekreasi Perwosi Jatim 2. (** ).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *