Dua Anggota Polres Haltim Dipecat Dengan Tidak Hormat

  • Whatsapp

BULI, beritalima.com – Sabtu 3/6-2017 pukul 09.00 wit bertempat di lapangan Apel Mapolres Haltim berlangsung upacara yang dipimpin langsung oleh  Kapolres Haltim AKBP. Driyano Andri Ibrahim SH,SIK.‎ Upacara kali ini berbeda dengan upacara yang lainnya dimana  pada hari ini adalah upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) kepada dua anggota Polres Haltim yang terbukti melanggar kode etik dan profesi kepolisian.

Dua anggota polres Haltim tersebut adalah inisial MRH dan HTM dimana mereka berdua telah terbukti melakukan pelanggaran  norma, Etika dan disiplin sebagai anggota Polri. Oleh karena itu dengan tegas pimpinan Polri memberikan “punishment” kepada keduanya yaitu diterbitkannya Surat Keputusan Kapolda Malut tentang Pemberhentian Tidak Dengan Hormat.

Pada saat pelaksanaan upacara ,  kedua anggota tersebut tidak menghadiri diduga keduanya sudah mengetahui maksud dari upacara tersebut  sehingga saat upacara pemberian Surat PTDH diserah kepada dua anggota provost yang mewakili dan surat PTDH sudah diserahkan kepada pihak keluarganya.

Pelanggaran berat yang dilakukan oleh kedua anggota tersebut  yakni Meninggalkan wilayah tugas tanpa ijin resmi dari pimpinan (Disersi) lebih dari 30 hari berturut turut Sebagaimana diatur PP no.01 tahun 2003 pasal 14 ayat 1 huruf (a), pasal 21 ayat 3 huruf e Perkap no.14 tahun 2011.

Keputusan PTDH kepada dua anggota sudah ditinjau dari beberapa aspek seperti Asas kepastian yaitu menitikberatkan adanya kepastian terhadap anggota yang melakukan pelanggaran kode etik hingga menjadi jelas statusnya apakah masih pantas atau tidak untuk dipertahankan menjadi anggota Polri, kemudian asas manfaat  yaitu segala sesuatu telah dipertimbangkan seberapa besar manfaat bagi organisasi dan bagi anggota Polri yang dijatuhan hukuman itu sendiri dan terakhir adalah asas keadilan maksudnya.

Polres Haltim berkomitmen Mewujudkan keadilan terhadap oknum oknum anggota Polri yang telah terbukti melakukan pelanggaran baik pelanggaran  Norma,Etika dan disiplin yaitu dengan memberikan punishment atau hukuman dan sebaliknya bagi anggota yang berprestasi Polres Haltim akan memberikan reward atau penghargaan.

Kapolres Haltim dalam kesempatan upacara ini mengingatkan kepada seluruh anggota polres Haltim agar jangan melakukan  pelanggaran Disiplin seperti meninggalkan tempat tugas tanpa ijin (desersi), melawan perintah pimpinan,serta  hindari perbuatan tercela atau perbuatan pidana yang pada akhirnya dapat merugikan anggota itu sendiri karena dapat di berikan sanksi yang berat atas perilaku anggota itu sendiri. Dan dengan momen ini Kapolres berharap agar dijadikan sebagai pembelajaran bagi seluruh anggota polres Haltim jangan sampai kasus kasus seperti itu terulang lagi.

Sumber : Humas Polres Haltim.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *