Dukung Pergerakan UMKM, Garuda Indonesia Jalin Kerjasama Dengan Aprindo

  • Whatsapp
Dukung Pergerakan UMKM, Garuda Indonesia Jalin Kerjasama Dengan Aprindo

Jakarta, Beritalimacom | Garuda Indonesia melalui lini usaha Aerojasa Cargo perluas jaringan bisnis kargonya dengan teken Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) bersama Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia/Aprindo (3/6).

Melalui kerjasama tersebut, Aerojasa Cargo, sebagai bagian dari Garuda Indonesia Group, dengan brand “KirimAja” akan mengeksplorasi potensi kerja sama kargo dan logistik serta marketing bersama lebih dari 600 pengusaha retail lokal dan nasional yang tergabung di Aprindo, terutama UMKM, dengan jaringan yang menjangkau lebih dari 48.000 gerai di berbagai wilayah Indonesia.

Bacaan Lainnya

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, layanan KirimAja saat ini menjangkau lebih dari 7.000 kecamatan di Indonesia, dengan jaringan penerbangan domestik dan internasional yang dilayani Garuda Indonesia Group, termasuk rute yang dilayani Garuda Indonesia melalui kerja sama interline dan transhipment. Dengan demikian, sinergi antara KirimAja dan Aprindo tersebut tak hanya akan mendukung supply chain Aprindo secara nasional, namun juga menunjang aktivitas ekspor-impor yang dilaksanakannya.

“Dengan ragam produk layanan KirimAja, mulai Port-to-port, Sub-console atau Drop Point, hingga Door-to-door, perusahaan yang tergabung dalam Aprindo beserta seluruh unsur dalam supply chain-nya, termasuk UMKM yang tergabung di dalamnya, dapat terhubung langsung dengan layanan logistik yang dapat mengantar dan menjemput kiriman sampai ke depan pintu,” tambah Irfan.

“Tidak hanya itu, kerja sama ini tentunya akan turut menunjang aktivitas ekspor-impor yang diharapkan dapat mendukung pengembangan bisnis para anggota Aprindo, serta mengantarkan produk-produk lokal Indonesia untuk go international,” urai Irfan.

Sementara Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey mengungkapkan, melalui layanan logistik yang terintegrasi dan efisien, khususnya melalui penjajakan kerja sama dengan lini usaha Garuda Indonesia Group, para anggota Aprindo akan semakin mudah dan cepat dalam melakukan kegiatan ekspor maupun impornya sehingga dapat meningkatkan daya saing produk UMKM Indonesia di mancanegara, untuk naik kelas dari market domestik menjadi market global.

“Dengan adanya Kirim Aja, kita berharap dapat memfasilitasi pengiriman barang-barang yang dapat diekspor. Bukan barang-barang bertonase berat seperti industri manufaktur, baja, dan kelas berat lain. Industri kami adalah barang-barang UMKM, di mana 80 persen barang yang akan kita ekspor adalah makanan dan minuman,” ujar Roy.

Jurnalis: Abriyanto

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait