Emang Penyakit Autoimum Bisa Sembuh …?

  • Whatsapp

Oleh :
DR. dr. Robert Arjuna FEAS*
Berbicara tentang penysepertakit autoimum akan memberi kesan bahwa penyakit autoimum ini bisa sembuh atau tidak? Seperti penularan bu Sofia yang menderita Herpes udah puluhan tahun tak kunjung tiba sembuh bahkan sekarang ginjal ikut rusak dan harus cuci darah serta obat semakin banyakmdikomsumsi,semua orang takut kalau mendengar sakit penyakit autoimum……

Penyakit Autoimun adalah suatu penyakit dimana sistem kekebalan tubuh (Imunitas) mengalami kesalahan dalam mengenali sel normal pada tubuh dimana yang seharusnya tugas sistem kekebalan tubuh harusnya melindungi sel normal namun malah menyerang kepada sel yang normal. Sistem imun tubuh manusia memproduksi suatu zat antibodi untuk menghancurkan sel normal akibat adanya gangguan sistem imun yg terjadi.Sistem Imunitas seharusnya berfungsi untuk menjaga tubuh sel asing seperti bakteri, virus, jamur dan mikroorganisme patogen lainnya dengan cara mengirimkan pasukan sel imun maupun menghasilkan zat antibodi untuk menyerang bakteri atau virus maupun parasit yang menyerang. Namun pada penyakit Autoimun sistem ini justru menyerang sel tubuhnya sendiri yang justru dalam keadaan sehat
Penyakit Autoimun banyak sekali jenisnya tergantung dari jaringan atau organ apa yang diserang serta dibedakan pula terhadap jenis pasukan imun apa yang menyerang tubuh. Sampai dengan saat ini sekitar 200 jenis penyakit autoimun yang telah berhasil diidentifikasi namun begitu ada beberapa jenis penyakit autoimun yang sering ditemukan seperti Reumatoid Artritis, Sistemik Lupus Eritematosus (SLE), Anemia hemolitik, Penyakit Graves, Deep Vein Thrombosis, Myasthenia gravis, Idiopatik Trombositopenia Purpura, Psoriasis Vulgaris dan Behcet Disease. Penyakit autoimun ini sering sekali dianggap sebagai penyakit kutukan, hal ini dikarenakan kesulitan para dokter mendiagnosa jenis penyakit autoimun yang diderita seorang pasien. Gejala yang yang muncul dapat berbeda beda pada tiap orang walaupun mengidap jenis autoimun yang sama. Tentunya banyak masyarakat yang menganggap penyakit ini sebagai kutukan, santet, sihir akibat dari sulitnya mendiagnosa dan mengobati penyakit autoimun ini. Sampai dengan saat ini belum satupun penelitian dapat mengungkapkan penyebab pasti yang menjadi trigger / pemicu terjadinya penyakit autoimun pada seseorang, namun disinyalir penyebabnya adalah Imunisasi, Vaksin, Kontak bahan kimia, Infeksi maupun paparan radiasi.

APA ITU AUTOIMUM
Penyakit autoimun adalah suatu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh keliru menyerang bagian tubuh yang sehat. Sistem kekebalan tubuh manusia punya peranan utama untuk melindungi tubuh dari kuman seperti bakteri dan virus. Normalnya, sistem kekebalan tubuh dapat membedakan antara sel asing dan sel tubuh yang sehat.
Namun, pada pengidap penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh justru salah menganggap bahwa bagian tubuh, seperti persendian atau kulit, sebagai benda asing. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh pun melepaskan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel sehat. Berikut gejala penyakit autoimun yang perlu kamu ketahui

GEJALA UTAMA AUTOIMUM
1. Nyeri sendi dan bengkak.
2. Demam
3. Masalah kulit.
4. Sakit perut atau masalah pencernaan.
5. Kelenjar bengkak.
6. Kelelahan dan Pegal otot
7. Demam ringan
8. Rambut rontok
9. Sulit konsentrasi
10. Kesemutan di tangan dan kaki
Meski menimbulkan beberapa gejala awal yang sama, masing-masing penyakit autoimun tetap memiliki gejala spesifik, seperti diabetes tipe 1 yang gejalanya berupa sering haus, lemas, dan berat badan menurun tanpa sebab yang jelas.
PENYEBAB AUTOIMUM
Penyebab penyakit autoimun belum diketahui secara pasti, tetapi beberapa faktor di bawah ini diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penyakit autoimun: Berjenis kelamin perempuan, memiliki riwayat penyakit autoimun dalam keluarga,memiliki berat badan berlebih atau obesitas,merokok,menggunakan obat-obatan yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh, seperti obat simvastatin atau antibiotik,terkena paparan bahan kimia atau cahaya matahari, menderita infeksi bakteri atau virus, misalnya infeksi virus Epstein Barr
Untuk menderita penyakit autoimun: Berjenis kelamin perempuan, memiliki riwayat penyakit autoimun dalam keluarga,memiliki berat badan berlebih atau obesitas,merokok,menggunakan obat-obatan yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh, seperti obat simvastatin atau antibiotik,terkena paparan bahan kimia atau cahaya matahari, menderita infeksi bakteri atau virus, misalnya infeksi virus Epstein Barr
JENIS AUTOIMUM ADA 80 MACAM DIANTARANTANYA
1. LUPUS ERYTOMATOSUS :Lupus dapat memengaruhi hampir semua organ tubuh dan menimbulkan beragam gejala, seperti demam, nyeri sendi dan otot, ruam kulit, kulit menjadi sensitif, sariawan, bengkak pada tungkai, sakit kepala, kejang, nyeri dada, sesak napas, pucat, dan perdarahan.
2. MULTIPLE SKEROSIS :mati rasa pada salah satu bagian tubuh, gangguan penglihatan, otot kaku dan lemas, koordinasi tubuh berkurang, dan kelelahan.
3. PSORIASIS ;Penyakit ini dapat dikenali dengan kulit yang bersisik dan munculnya bercak merah pada kulit.
4. PENYAKIT GRAVES :Penyakit Graves dapat menimbulkan gejala berupa kehilangan berat badan tanpa alasan yang jelas, mata menonjol, rambut rontok, jantung berdebar, insomnia, dan gelisah.
5. MYASTENIA GRAVIS adalah kelopak mata terkulai, pandangan kabur, lemah otot, kesulitas bernapas, dan kesulitan menelan.
6. THYRODITIS HASIMOTO :gejala berupa berat badan naik tanpa sebab yang jelas, sensitif terhadap udara dingin, mati rasa di tangan dan kaki, kelelahan, rambut rontok, dan kesulitan berkonsentrasi.
7. KOLITIS ULSERATIF DAN COHRON DISEASE : penyakit ini adalah nyeri perut, diare, buang air besar berdarah, demam, dan berat badan turun tanpa sebab.
8. RHEUMATOID ARTRITS : nyeri sendi, radang sendi, pembengkakan sendi, dan kesulitan bergerak.
9. SINDROMA GULLEN BARRE : berupa lemas yang jika kondisinya semakin parah dapat berkembang menjadi kelumpuhan.
10. VASCULITIS dengan gejala demam, penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas, kelelahan, tidak nafsu makan, dan ruam kulit.
Gejala penyakit autoimun dapat mengalami flare, yaitu timbulnya gejala secara tiba-tiba dengan derajat yang berat. Flare biasanya terjadi karena dipicu oleh suatu hal, misalnya paparan sinar matahari atau stres.
Pada beberapa orang, gejala penyakit autoimun bisa parah dan bisa ringan. Parah atau tidaknya gejala umumnya bergantung pada beberapa faktor
1. seperti genetik,
2. Lingkungan,
3. Kondisi kesehatan secara keseluruhan
KOMPLIIKASI AUTOMUM
1. Penyakit jantung
2. Depresi atau gangguan kecemasan
3. Kerusakan saraf
4. Kerusakan organ, seperti hati atau ginjal
Pencegahan Penyakit Autoimun
PENUNJANG DIAGNOSA :
1. Tes darah lengkap, untuk menghitung jumlah sel darah merah dan sel darah putih
2. Tes sedimentasi eritrosit, untuk mengetahui tingkat keparahan peradangan yang terjadi di dalam tubuh
3. Tes ANA (antinuclear antibody), untuk mengetahui aktivitas antibodi yang menyerang tubuh
4. Tes autoantibodi, untuk mendeteksi karakteristik antibodi dalam tubuh
5. Tes C-Reactive protein, untuk mendeteksi peradangan dalam tubuh
PENGOBATAN AUTOIMUM
1. Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti ibuprofen atau aspirin, untuk mengatasi nyeri
2. Obat penekan sistem kekebalan tubuh, seperti kortikosteroid, untuk menghambat perkembangan penyakit dan memelihara fungsi organ tubuh
3. Obat anti-TNF, seperti infliximab, untuk mencegah peradangan akibat penyakit autoimun rheumatoid arthritis dan psoriasis
4. Terapi pengganti
PECEGAHAN AUTOIMUM
1. Berolahraga secara rutin
2. Tidak merokok
3. Menjaga berat badan tetap ideal
4. Menggunakan alat pelindung ketika bekerja, agar terhindar dari paparan bahan kimia
5. Menjaga kebersihan tubuh agar terhindar infeksi virus dan bakteri
Memang penyakit autoimum belum ada obat yang tepat untuk pengobatannya maka perlu suatu pengobatan yang telanta dan panjang untuk dipedomani,,kepadamsaudara kita jangan bersedih patuhilah prosedur kesehatan semoga penyakitmu cepat teratasi secara tepat dan terarah, semoga !
RobertoNews 1035 《19.9.21(20.36)》
• Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait