Eri Cahyadi: Tahun Depan Seluruh Rumah di Surabaya Teraliri Air PDAM, Ekspansi hingga Gresik dan Sidoarjo

  • Whatsapp

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ditemani jajaran direksi PDAM Surya Sembada meninjau pembangunan reservoir di Rumah Pompa Putat Gede, Kamis (6/9/2024).

SURABAYA, Berita lima.com
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meminta PDAM membenahi layanannya. Dia menargetkan pada tahun depan, seluruh rumah di metropolis harus teraliri air PDAM.

Untuk mewujudkan target tersebut, PDAM menambah dua sarpras sekaligus. Pertama. membangun instalasi pengolahan air minum (IPAM) di Karang Pilang. Sesuai rencana, pengerjaannya selesai tahun depan. Yang kedua, pembangunan reservoir atau tempat penyimpanan air di Rumah Pompa Putat Gede yang ditargetkan tuntas akhir tahun ini.

Eri melihat progres pembangunan reservoir Putat Gede kemarin (6/9/2024). Menurut dia, tahapan pengerjaan proyek itu sudah sesuai perencanaan.

”PDAM bisa memenuhi target yang saya berikan,” ucapnya.

Menurut Eri, reservoir di Putat Gede berfungsi mencukupi kebutuhan air. Reservoir itu akan mengirim pasokan air ke Rumah Pompa Mbah Ratu. Tujuannya, kebutuhan air di kawasan Surabaya Utara tercukupi.

Optimalisasi Layanan

Tahun depan Eri meminta seluruh layanan PDAM harus berjalan optimal. Setiap rumah di Surabaya mendapatkan air. Tekanan air kepada pelanggan juga stabil. Menurut Eri, target itu seharusnya diwujudkan tahun ini.

”Tapi, kami minta pasokan air ke Umbulan dari 700 jadi 900 liter per detik, sayangnya tidak bisa. Akhirnya, kami bangun IPAM Karang Pilang,” jelasnya.

Dua tahun ke depan, tepatnya 2026, Eri meminta PDAM Surya Sembada ekspansi atau memperluas pelayanan hingga kawasan Gresik dan Sidoarjo. Sebab, layanan PDAM di Gresik dan Sidoarjo belum maksimal. Hasil pengembangan bisnis itu bisa digunakan untuk menyubsidi warga yang tidak mampu.

”Warga harus merasakan keuntungan ekspansi. Jadi bukan semata mendapatkan PAD,” paparnya.

Defisit Air

Dirut PDAM Surya Sembada Surabaya Arief Wisnu Cahyono mengungkapkan, PDAM masih kekurangan pasokan air 600 liter per detik. Tapi, dia memastikan, pada tahun depan PDAM akan surplus air.

Sebab, pembangunan IPAM Karang Pilang sudah rampung. Kapasitas IPAM itu mencapai 1.000 liter per detik.

”Kami sudah menyusun rencana-rencana ekspansi,” ucapnya

TARGET PDAM

– Pembangunan reservoir Putat Gede 3 selesai tahun ini. Proyek pembangunan IPAM Karang Pilang 4 rampung tahun depan.

– Seluruh kawasan teraliri air.

– Tekanan air kepada pelanggan stabil.

– Pada 2026, PDAM ekspansi ke Gresik dan Sidoarjo.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait