Esensi Pesta Demokrasi Tak Ada Paksaan

  • Whatsapp
Herman Khaeron sebut pesta demokrasi tak ada paksaan (foto: istimewa)

Jakarta, Beritalima.com| – Esensi pesta demokrasi adalah tak ada paksaan. Itu sebabnya, sambut Pilkada Serentak 2024, rakyat diberikan kebebasan untuk memilih calon pemimpinnya dan rakyat harus mendapat manfaatnya.

“Demokrasi harus mengedepankan kebebasan dalam memilih. Proses ini seharusnya terbuka dan memberikan kebebasan kepada rakyat untuk menentukan pilihannya tanpa paksaan atau intimidasi. Ini adalah esensi dari pesta demokrasi rakyat,” ujar Herman Khaeron, anggota DPR RI.

Herman, politisi asal Partai Demokrat menekankan pentingnya menjaga kedamaian dan integritas dalam kontestasi Pilkada Serentak 2024.

Hal ini ia sampaikan dalam diskusi publik bertema  ‘Menyosong Pilkada Serentak 2024 dengan penuh Damai’, digelar Koordinatoriat Wartawan Parlemen bekerja sama dengan Biro Pemberitaan Parlemen, di Gedung Nusantara I, DPR RI, Senayan, Jakarta (19/9).

“Pilkada serentak ini, meskipun mirip dengan Pemilu, memiliki perbedaan karena mengedepankan persaingan personal, berbeda dengan pemilu legislatif yang merupakan pertarungan antar partai. Pilkada adalah pertarungan antara individu yang diusung oleh partai atau koalisi, dan ini menambah kompleksitas demokrasi di Indonesia. Setelah Pemilu Legislatif dan Presiden,” papar Herman.

Memahami situasi jelang pilkada yang seperti ini, ia menegaskan urgensi nilai-nilai demokrasi, yaitu dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. Baginya, proses pemilu dan pilkada harus dipahami dapat memilih dengan bebas tanpa tekanan atau ancaman.

Jurnalis: Rendy/Abri

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait