Esty Sulistya, Presenter RRI Malang Juarai Kompetisi Broadcast Tingkat Asia Pasifik

  • Whatsapp
Esty Sulistya saat menerima penghargaan yang diserahkan Sekjen ABU- Ahmed Nadeem, di Istanbul Turkiye, 22 Oktober 2024.

Kota Malang, beritalimacom |Esty Sulistya, presenter RRI Malang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Esty berhasil menjadi juara Asia Pacific Broadcast Union (ABU) Prizes 2024. Malam Penganugerahan Penghargaan ABU Prizes 2024, bertempat di Ballroom Ambassador, Hotel Hilton Bosphorus Istanbul Turkiye, Selasa (22/10/2024).

Nama lengkapnya Etik Sulistyaningsih atau lebih dikenal sebagai Esty Sulistya saat on air. Ia berhasil menjadi juara 1 untuk kategori Radio On Air Personality dalam kompetisi ini. Kategori ini melombakan kemampuan dalam bersiaran, menyampaikan pesan, kemampuan menggali informasi, mengolah kata, menghadirkan harmoni, kenyamanan, kepribadian dalam siaran, kemampuan meng-handle pendengar, dan kemampuan membuat narasumber nyaman dalam menyampaikan pesan.

Bacaan Lainnya

“Ada 5 kriteria penilaian juri kategori ini, yakni kreatifitas, kedalaman pengetahuan presenter, kemampuan untuk terhubung dengan pendengar, kualitas suara dan pemahaman editorial seorang presenter,” terang Esty.

Dengan materi berjudul “Melodies for Indonesian Children” atau Melodi Untuk Anak Indonesia, Esty menyoroti tentang krisis lagu anak di Indonesia dalam dua dekade terakhir, dari sisi kualitas maupun kuantitas. Ia mengajak musisi, industri musik, orang tua, dan pemerintah untuk menyediakan dan mengajak anak Indonesia menyanyikan lagu yang dapat membangun karakter dan kepribadian anak Indonesia.

“Anak-anak adalah masa depan bangsa kita, jadi selayaknya kita memiliki banyak lagu tentang cinta tanah air, persahabatan, cinta kasih, toleransi, dan empati,” kata Esty tentang pesan yang ingin disampaikan lewat tema yang ia pilih.

Sementara itu, menanggapi kemenangan yang diraih Esty Sulistya dalam ABU Prizes tahun ini, Direktur Utama Radio Republik Indonesia (RRI) Ignatius Hendrasmo mengatakan kemenangan ini merupakan bukti RRI diperhitungkan di tingkat Internasional dengan program yang menarik dan memikat pendengar.
“Ini bukti program dan gaya siaran RRI diperhitungkan di tingkat internasional, programnya juga menarik,” ujar Hendrasmo.

Dari 7 kategori Radio, tahun 2024 ini RRI mendapatkan 3 juara dan 1 penghargaan khusus. 3 Kemenangan: Radio On Air Personality diraih Esty Sulistya RRI Malang (Melodies For Indonesia Children), Audio Podcast diraih RRI Jember (The Everlasting Oral Tradition Of Kejung); dan Drama diraih RRI Ambon (Investigation Dawar Island), dan 1 penghargaan Special Commendation untuk Community Service Announcement diraih Voice of Indonesia (Horror of Delayed Payment).

“Semoga ini menginspirasi seluruh broadcaster RRI untuk terus membuat program menarik secara berkesinambungan,” pungkas Dirut RRI periode 2021-2026 tersebut.

Proses panjang harus dilalui Esty untuk dapat menjadi pemenang. Perempuan yang sudah 25 tahun menekuni profesi sebagai penyiar, presenter, dan reporter radio ini harus melalui 3 tahap penjurian untuk seleksi di level Indonesia, sebelum terpilih mewakili Indonesia.
Esty harus bersaing dengan perwakilan dari 69 RRI di Indonesia, untuk dipilih 5 terbaik. Selanjutnya dipilih 3 terbaik untuk mendapatkan pembekalan, produksi baru dan revisi, baru kemudian terpilih untuk mewakili Indonesia.

“Prosesnya panjang. Seleksi tingkat nasional terbagi dalam seleksi tahap 1, tahap 2, dan tahap 3 untuk mewakili Indonesia. Tahun ini Esty berkesempatan mewakili Voice of Indonesia (VOI) saluran siaran luar negeri RRI,” jelasnya tentang tahap seleksi di Indonesia.

Sementara penjurian di level internasional, tahun 2024, 60 juri praseleksi memiliki kesempatan dan tantangan untuk menyeleksi 342 karya yang diajukan peserta dari 65 negara. Penjurian Akhir ABU Prizes 2024 berlangsung di Kuala Lumpur dari 10-12 September 2024 lalu.
“Ada 18 juri dari negara-negara anggota ABU menilai 60 karya peserta yang masuk finalis di semua kategori, Alhamdulillah saya menang di kategori Radio On Air Personality,” imbuh Esty.

President Asia Pacific Broadcasting Union, Mehmet Zahid Sobaci, dalam sambutan malam penghargaan menyatakan bahwa peseta ABU Prizes tahun 2024 mengalami peningkatan dari sisi jumlah maupun kualitas program yang dihasilkan.
“Tahun ini jumlah peserta bertambah, kualitas produksi peserta juga luar biasa. Jadi juri harus melakukan penilaian sangat ketat untuk memilih pemenangnya,” kata Zahid.

Acara ABU Prizes ini merupakan bagian dari rangkaian Sidang Umum ABU ke-61 (61st ABU General Assembly) digelar 18-23 Oktober 2024 di Istanbul Turkiye. ABU/Uni Penyiaran Asia Pasifik dibentuk pada tahun 1964 merupakan asosiasi profesional non profit dari organisasi penyiaran. Saat ini, ABU memiliki lebih dari 240 media dari 65 negara di 5 benua Asia Pasifik, mulai dari Turki, Malaysia, Selandia Baru, Australia, Jepang, India, Korea, China dan negara-negara lainnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait