Gawat Rutan Kelas 1 Depok Bakal di Kepung Beberapa Elemen Mahasiswa dan Masyarakat

  • Whatsapp

DEPOK,beritalina.com
Kasus tewasnya RA (26) seorang Narapidana titipan Kejaksaan di Rutan Depok membuat sejumlah aktifis meradang aksi tersebut akan di ikuti oleh beberapa elemen baik dari masyarakat kota Depok maupun dari elemen mahasiswa.

“Kami dengar tewasnya Napi titipan ini karena pengeroyokan,berarti sistem keamanan di Rutan tidak benar,harus ada yang bertanggung jawab atas hilangnya nyawa manusia,jangan sampai jadi preseden buruk kedepannya” ujar Ketua Serikat Petani Depok Pardong, Selasa (03/09/2024)

Dirinya berharap kasus ini jangan ditutup-tutupi, harus di bongkar tuntas,ini kelalaian petugas Rutan.

“Harus ada yang bertanggung jawab bukan hanya napi yang di tumbal kan tetapi bila perlu periksa karutan nya beserta jajarannya ,” ujarnya.

Dirinya beserta rekan-rekan aktifis rencana nya akan mengadakan aksi Unjuk rasa di Rutan Depok ,hal tersebut di lakukan karena pihaknya merasa ingin agar ada perbaikan di dalam rutan kelas 1 Cilodong ,Depok.

“Ya,Demi perbaikan ,kami akan UNRAS,menuntut tanggung jawab Kepala Rutan dan anak buahnya,kami juga mendesak Kemenkumham untuk bertindak tegas tanpa pandang bulu,kami meminta kemenkumham segera investigasi kasus ini” tutup Pardong

Sementara itu hal yang juga di sampaikan Mario salah satu elemen dari mahasiswa yang berniat akan melakukan aksi demo di depan Rutan kelas 1 Cilodong dan Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham.

Adapun dari tuntutan mahasiswa tersebut adalah

1. Mendesak Dirjen PAS KEMENKUMHAM RI, untuk dengan segera Memanggil,memeriksa, dan mencopot Lamarta Surbakti selaku Kepala Rutan Depok
dengan adanya dugaan kelalaian dalam penanganan, pengawasan, serta pengamanan
sehingga terjadinya pengeroyokan yang menyebabkan kematian salah seorang narapidana berinisial RAJ di Rutan Kelas 1 Depok.

2. Mendesak Dirjen PAS KEMENKUMHAM RI, Untuk segera melakukan Reformasi
Birokrasi Di Lingkup Rutan Kelas 1 Depok karna Gagalnya fungsi Pengawasan dan
Pembinaan terhadap Warga Binaan.

3. Mendesak Aparat Penegak Hukum untuk mengusut tuntas dan menciptakan keadilan
hukum yang berlaku.

4. Mendesak Komnas HAM RI untuk Turut serta mengawal pengusutan kasus kematian
narapidana Rutan Kelas 1 Depok inisial RAJ.

Demikian beberapa tuntutan dari elemen masyarkat maupun mahasiswa terkait dengan tewasnya RA salah satu narapida titipan di Rutan kelas 1 Depok .(yopi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait