Gempita Jatim Optimistis Tingkatkan Ketahanan Pangan Nasional

  • Whatsapp

MALANG, beritalima.com | Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) Jawa Timur siap menggenjot ketahanan nasional melalui optimalisasi potensi daerah dengan melibatkan peran petani muda di Jawa Timur.

Ali Mutakin menegaskan itu setelah dilantik jadi Ketua Korwil Gempita Jatim di Polbangtan Malang, Sabtu (13/07/2024). Acara ini dihadiri tidak kurang dari 300 peserta.

Menurutnya, Provinsi Jatim memiliki potensi cukup besar di bidang pertanian, sehingga melalui Gempita dia optimistis dapat menggenjot ketahanan pangan nasional.

Gempita Jatim siap melebarkan sayap di berbagai daerah di Jawa Timur untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk Kementerian Pertanian.

“Pelantikan ini menjadi simbol bahwa Korwil Gempita Jatim siap melebarkan sayap lebih luas untuk meningkatkan produktifitas pertanian,” ujarnya.

Koordinator Nasional (Kornas) Gempita Muhammad Yasir mengatakan, Gempita punya peran strategis untuk mewadahi potensi petani muda dan turut membantu meningkatkan produktifitas pertanian nasional.

Dijelaskan oleh Yasir, Gempita merupakan organisasi yang dibentuk langsung oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di tahun 2016.

“Gempita ini sudah berdiri sejak tahun 2016, dan didirikan langsung oleh Pak Amran di periode pertama Pak Jokowi,” jelas Yasir.

“Gempita lahir dilatar belakangi rasa peduli Menteri Pertanian yang secara serius dapat tugas dari Presiden untuk swasembada pangan,” jelasnya.

“Menurut Pak Menteri, untuk memperbaiki Pertanian dalam negeri perlu peran anak muda, sehingga dibentuklah Gempita ini,” papar Yasir di hadapan Korwil dan Korda se-Jawa Timur.

Bersamaan dengan Pelantikan tersebut, Gempita Jatim juga melakukan penandatanganan MoU dengan Asosiasi Es Teh Indonesia (ASET) dan PT Ekspor Indonesia Aja.

Sebagai informasi, dalam pelantikan Gempita Korwil Jatim juga turut mengundang berbagai tokoh dan pejabat publik seperti Menteri Pertanian, Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI, Direktur Polbangtan, Pj. Gubernur Jawa Timur, Dandim 0833 Kota Malang, Pj. Wali Kota Malang, dan Kapolresta Malang Kota. (Gan)

Teks Foto: Pelantikan & Bimtek Pengurus Gempita Korwil Jawa Timur di Polbangtan Malang, Sabtu (13/07/2024).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait