Generasi Millennial Harus Selalu Kreatif, Aktif dan Inovatif

  • Whatsapp

BANJARNEGARA – “Membangun Karakter Milenial Bersaing Tapi Mandiri” adalah tema yang diusung Dindikpora Kabupaten Banjarnegara, dalam membangun generasi muda atau remaja Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum.

Pemateri adalah Suhadi S.Pd, Kasi Kesiswaan SMP N 1 Pandanarum. Dindikpora Banjarnegara juga dirangkul Kodim 0704 Banjarnegara guna mensukseskan sasaran Non Fisik TMMD Reguler 102 melalui penyuluhan di Balai Desa Pasegeran, yang diikuti puluhan warga masyarakat desa setempat. Senin (23/7/18).

Suhadi dengan rinci menjelaskan bahwa generasi millennial lahir pada kisaran tahun 1980 sampai tahun 2000-an, yang memiliki rentang usia antara 17 hingga 37 tahun. Di Indonesia sendiri, terdapat sekitar 80 juta orang yang berusia di usia tersebut, jumlah yang signifikan yaitu 30 % dari populasi total penduduk di Indonesia.

“Diketahui bahwa generasi millennial sangat dekat dengan teknologi sehingga tidak bisa dilepaskan dari teknologi dan internet, berbeda dengan generasi X di mana pengaruh dari teknologi belum terlalu menonjol seperti saat ini. Sehingga wajar apabila generasi ini lebih melek teknologi dibanding generasi sebelumnya,” terangnya.

“Maka tak mengherankan bila banyak kafe atau tempat nongkrong lainnya yang ramai dikunjungi anak muda zaman now, karena itulah kehidupan sosial mereka,” lanjutnya.

Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa, generasi millennial di Indonesia tidak boleh kalah dalam persaingan dengan anak-anak muda dari negara lain, pendidikan tinggi saja ternyata tidak cukup, anak muda Indonesia “zaman now” harus dibekali dengan berbagai pengalaman dan soft skills yang baik. Antara lain membiasakan diri melakukan aktivitas positif seperti memperbanyak membaca buku melaui internet maupun media sosial namun secara bijak, membangun ide dan visi kedepan, disiplin dan rajin berolahraga.

Inilah yang dimaksimalkan Dindikpora Banjarnegara kepada para remaja desa tersebut untuk memotivasi dan mendorong mereka selangkah lebih kedepan walaupun dihadapkan dengan kendala sinyal internet yang sangat susah di pegunungan.(pendim0704bna)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *