Gerak Cepat Garuda Indonesia Atasi Masalah Pesawat Pemulangan Penerbangan Haji

  • Whatsapp

Jakarta, beritalima.com |- Salah satu pesawat yang disiapkan Garuda Indonesia untuk melayani pemulangan penerbangan haji, mendapat kendala teknis.

Langkah cepat mitigasi pesawat langsung ditempuh. Yakni menyiapkan pesawat pengganti dan diterbangkan ke Jeddah, Arab Saudi.

Ini imbas peristiwa Return to Base (RTB) pada penerbangan GA-6239 rute Solo – Jeddah dengan pesawat Airbus 330-300 (salah satu armada sewa yang dipersiapkan melayani penerbangan haji pada 2024) yang mestinya berangkat pada 2 Juli.

Pesawat tersebut dipersiapkan melayani penerbangan dari Jeddah pada fase pemulangan jemaah haji Indonesia menuju Tanah Air. Adapun penyebab RTB karena  adanya masalah teknis  pada salah satu engine pesawat sehingga diharuskan dilakukan pengecekan kembali dan tindak lanjut prosedur perawatan armada.

Sesaat setelah pesawat lepas landas, Pilot in Command (PIC) menemukan adanya indikator _cockpit_ yang menunjukan kondisi salah satu mesin pesawat perlu pengecekan lebih lanjut, sehingga secara cepat memutuskan melakukan prosedur RTB ke Solo.

Pesawat dengan nomor registrasi T7-MMM  membawa 14 awak pesawat terdiri dari 3 cockpit crew dan 11 awak kabin telah kembali ke Bandara Adi Sumarmo, Solo pada pukul 21.07 waktu setempat. Dini hari pesawat pengganti sudah terbang menuju Jeddah (3/7).

Garuda Indonesia juga telah berkoordinasi dengan otoritas penerbangan terkait guna memastikan tindak lanjut penanganan pesawat termasuk prosedur penarikan pesawat menuju _parking stand_ guna memastikan tidak ada dampak operasional atas peristiwa RTB tersebut.

“Kami tentunya memastikan kesiapan pesawat pengganti telah melalui serangkaian prosedur inspeksi kelaikan armada secara menyeluruh sebelum  diterbangkan kembali menuju Jeddah pada dini hari, sejalan dengan komitmen kami untuk senantiasa mengedepankan aspek safety pada seluruh layanan penerbangan,” jelas Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Jurnalis: Abriyanto

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait