Gerakan Pramuka Ikut Jaga Lingkungan Hidup Dan Kehutanan

  • Whatsapp
Gerakan Pramuka ikut jaga pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan

Jakarta, beritalima.com|– Gerakan Pramuka memiliki andil besar dalam menjaga lingkungan hidup dan kehutanan.

“Mari kita bawa semangat Pramuka ke dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita dapat membangun Indonesia yang lebih hijau dan berkelanjutan,” ucap Budi Waseso (akrap disapa Buwas) Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Nasional.

Buwas turut hadir dalam acara Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Nasional II Tahun 2024 di Buperta Wiladatika Cibubur, Jakarta (29/9).

Acara tersebut adalah kegiatan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Wakil Menteri LHK Alue Dohong menyampaikan, Gerakan Pramuka merupakan salah satu media pendidikan non formal yang menjadi wadah pembangunan karakter dan pengembangan potensi diri bagi kaum muda.

“Melalui Gerakan Pramuka diharapkan dapat dihasilkan karakter kaum muda yang merupakan kader pemimpin masa depan yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, memiliki pemahaman, wawasan, dan kepedulian lingkungan yang baik,” ujar Alue.

Tema Pertikawan Nasional II 2024, yaitu “Menyukseskan FOLU Net Sink 2030 Menuju Indonesia Hijau”, membawa pesan penting tentang komitmen Indonesia dalam menjaga lingkungan, khususnya dalam sektor kehutanan dan tata guna lahan lainnya.

“Melalui Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru, generasi muda dapat membentuk kepribadian, mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kecakapan dalam perlindungan dan pengelolaan sumber daya alam, serta menjadi penggerak atau agen perubahan dalam pencapaian tujuan bersama Indonesia Maju,” ungkap Alue.

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait