Gisela Keyla Mathea, Wisudawan Terbaik Unair Raih Dua Gelar Sekaligus

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Berkesempatan mengenyam pendidikan di dua universitas ternama sekaligus merupakan privilese bagi seorang mahasiswa.

Gisela Keyla Mathea namanya, wisudawan Fakultas Hukum (FH) berhasil meraih gelar dari Universitas Airlangga (Unair) dan Maastricht University serta memperoleh indeks prestasi kumulatif (IPK) nyaris sempurna yakni 3,97.

Tidak mudah bagi Gisela untuk menjalani pendidikan di dua universitas ternama. Pasalnya, kedua universitas tersebut memiliki sistem pendidikan yang sangat berbeda yang mengharuskannya beradaptasi dengan cepat. Namun, hal itu tidak sedikit pun menyurutkan semangat belajar Gisela.

“Karena sistem pendidikan yang sangat berbeda, aku bergabung dengan grup studi bersama mahasiswa hukum Indonesia yang juga menempuh belajar di sana. Having a support system where I could study together, has really helped me get used to the different study methods,” ujar Gisela.

Tidak hanya mendapatkan ilmu akademik selama perkuliahan, namun Gisela juga mendapatkan pengalaman baru yang tidak terlupakan di Belanda.

Ia menceritakan, orang lokal Belanda sangat terbuka dan cenderung blak-blakan berbeda dengan budaya Indonesia.

“Sebagian dari warga lokal di sini itu terbiasa untuk straight-forward dalam berbicara dan sedikit harsh. Berbeda halnya dengan budaya lokal di Indonesia, meskipun blak-blakan seperti budaya Surabaya namun masih menjunjung unggah-ungguh,” paparnya.

Lingkungan Mendukung

Tidak mengherankan jika wisudawan asal Kota Pahlawan itu sangat lihai dalam berbahasa asing. Hal ini disebabkan karena ia telah diperkenalkan bahasa asing oleh sang keluarga sejak kecil. Bahkan, untuk kehidupan sehari-hari, ia dan keluarga menggunakan bilingual.

“Memang sejak kecil saya telah belajar di sekolah yang menggunakan International Baccalaureate (IB) yang mengharuskan mengerti bahasa asing lebih awal. Saat di rumah pun juga kami kadang mix indo-english untuk berbicara setiap harinya,” jelas Gisela.

Gisela mengungkapkan, selama menempuh studi S1, ia tidak berpatokan pada nilai atau angka tertentu melainkan terus melakukan yang terbaik tiap semester. Dengan ini, ia dapat menikmati perkuliahan, meraih IPK memuaskan, sekaligus menjadi wisudawan terbaik FH Unair.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait