Gus Ipul Ikuti Ishighotsah Kubro di GOR Sidoarjo

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima.com – Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf yang lekat disapa Gus Ipulmengikuti Isthigotsah Kubro yang diadakah di Stadion Gelora Delta Sidorajo, Minggu(28/10).Kegiatan istighotsah yang dimulai sejak pukul 06.00 pagi ini merupakanrangkaian perayaan Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktobersejak tahun 2015.

Kegiatan Istighotsah Kubro ini diikuti oleh ratusan ribu jamaah NU dari berbagaipelosok daerah di Jatim. Tampak di tengah lapangan lautan manusia berseragam putih,terbagi antara jamaah putri dan jamaah putra.

Demikian juga di bagian tribun penontontelah terisi penuh dengan jamaah.Dalam sambutannya, Ketua PWNU Jatim KH. Marzuqi Mustamar menyampaikanbahwa ulama dan kyai memiliki andil besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Dicontohkan sebelum ada tentara Pangeran Diponegoro bersama santri-santrinyasudah berjuang melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan. “KH Hasyim Asyaribahkan telah menggagas resolusi jihad, ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakanwarisan para ulama dan kiai dan kita wajib menjaganya,” tegasnya.

Ditambahkan, para jamaah diharapkan tidak mudah terprovokasi atau dibohongiatas ajakan yang mengatasnamakan negara islam.

Ini penting dilakukan, karena hanyadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) masyarakat islam bisa hidup damaiberdampingan.

“Bahkan hanya di Indonesia pengajian yang melibatkan ribuan jamaahbisa berjalan aman dan lancar seperti sekarang ini,” terangnya.Pada kegiatan Istighotsah ini juga dilakukan pembacaan ikrar santri yangdibacakan oleh Muhaimin Iskandar. Isinya antara lain mengenai komitmen para santriuntuk selalu menjaga akidah dan NKRI sebagai harga mati.

Turut hadir dalam kegiatan ini, diantaranya Menteri Pertanian Andi AmranSulaiman, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Mustasyar NU KH Ma’ruf Amin, dan 9 Kiai KhosNusantara yakni KH Miftahul Ahyar, KH Anwar Mansur, KH Nawawi Abdul Jalil, KHKholil As’ad, KH Agoes Ali Mashuri, KH Anwar Iskandar, KH ZainuddinJazuli, KH NurulHuda Jazuli, dan KH Idris Hamid. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *