Gus Ipul Minta Penyelenggara Umroh dan Haji Utamakan Pelayanan Terbaik

  • Whatsapp
wagu jatim menghadiri sekaligus membuka MUSKER HIMPUH ke 7 di JW mariot hotel

Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf meminta penyelenggara umroh dan haji untuk terus mengutamakan pelayanan terbaik, khususnya kepada jamaah ke tanah suci.
“Saya yakin penyelenggara umroh dan haji jika ingin terus dipercaya oleh masyarakat, hendaknya terus mengutamakan pelayanan kepada jamaah dengan baik,” harapnya saat membuka Musyawarah Kerja 1439 H Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji International Travel Mart (Hitmart) di Hotel JW Mariiot, (10/10).

Ia mengatakan, bahwa penyelenggara umroh dan haji yang terus meningkatkan pelayanan dan memudahkan para jamaah yang akan pergi ke tanah suci akan jadi pemenang dalam persaingan usaha.
“Siapa yang efisien akan jadi pemenang. Terutama mereka yang bergerak di bidang jasa haji dan umroh seperti hotel, maskapai hingga pengadaan makanan atau catering,” jelasnya.
Bedasarkan data dari Kemenag, setiap tahun jumlah jamaah haji dan umroh di Jatim terus meningkat. Kondisi itu, didasari oleh keinginan dan kesadaran masyarakat untuk beribadah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Menurutnya, rata rata, terdapat 9 penerbangan setiap minggunya mampu melayani rute dari Surabaya menuju Jeddah dengan kapasitas 400 orang setiap keberangkatannya.
Ditambahkannya, kondisi tersebut bisa dilihat hanya satu maskapai. Akan tetapi, jika terdapat sembilan maskapai, bisa kita hitung besarnya potensi usaha jasa pada sektor ini. Belum lagi, jika ditambah jamaah dari luar yang ingin berangkat melalui Jatim. Berarti terdapat sekitar belasan ribu jamaah yang terbang ke tanah suci.

Untuk itu, lanjut Gus Ipul sapaan akrabnya menyatakan tidak ada cara lain kecuali bekerja keras meningkatkan kualitas dan mengutamakan pelayanan terbaik kepada jamaah.
“Jika penyedia dan penyelenggara umroh dan haji sudah memberikan pelayanan dengan baik, saya yakin setiap tahun jamaahnya akan terus bertambah. Akan tetapi jika itu tidak dilakukan maka akan tertinggal oleh kompetitor lainnya,” tegasnya.

Tak lupa, Gus Ipul memberi apresiasi kegiatan musyawarah dan digelarnya pameran penyelenggaraan umroh dan haji di Surabaya. Kegiatan ini, mampu menghadirkan bisnis to bisnis antar penyedia jasa hotel dengan asuransi, pihak bank dengan calon jamaah, katering dengan penginapan dan masih banyak lainnya.

Disinggung, awak media sesuai acara, mengenai penipuan travel umroh dan haji yang membuat masyarakat rugi, Gus Ipul harap agar pelaku untuk dihukum setimpal. Alasannya, tidak amanah dalam mengelola dana ummat yang ingin beribadah. “Jika dirasa perlu dan merugikan banyak jamaah, ijin travelnya bisa dicabut dan dibekukan oleh pemerintah,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Hitmart H. Ali Amin mengatakan, bahwa Hipmart ini bertujuan untuk mengakomodasi setiap anggotanya dengan mengenalkan sekaligus mempertemukan kepada sponsor, pengusaha, katering, hotel hingga maskapai penerbangan umroh dan haji. “Ditempat inilah mereka berinteraksi dan saling bertransaksi,” tegasnya.

Kegiatan ini juga merumuskan agenda dan menyusun agenda kerja untuk tahun mendatang. “Semoga dalam acara kita menemukan hal yang positif sehingga Hipmart dapat memberi sumbangsih positif dan menjadi tumpuan banyak pihak terutama bagi penyelenggara umroh dan haji di Indonesia,” tutupnya. (RR).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *