Gus Ipul: Perempuan Indonesia Terus Bangkit Beri Kontribusi di Berbagai Sektor

  • Whatsapp

  Perempuan Indonesia memiliki peran yang luar biasa, terus bangkit memberikan kontribusi yang konkret di berbagai sektor. Sebagai contoh, Indonesia telah pernah memiliki presiden perempuan yakni Megawati Soekarnoputri. Selain itu, salah satu menteri keuangan terbaik di dunia dan diakui kapasitasnya secara internasional juga berasal dari Indonesia yakni Sri Mulyani.

“Peran perempuan di Indonesia sudah luar biasa. Kita bangga memiliki banyak perempuan Indonesia yang dipercaya untuk menempati tempat penting tidak hanya di dalam negeri tetapi juga luar negeri,” ujar Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf saat Talkshow Women and Leadership in MEA Era untuk Memperingati Hari Ibu di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Jumat (16/12) sore.

Menurutnya, kepemimpinan perempuan Indonesia terus mengalami kemajuan dan berada di berbagai sektor seperti perbankan, industri, legislatif, bahkan pernah menjadi Presiden RI. “Ini tandanya bahwa Bangsa Indonesia telah memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk bangkit dan memberikan kontribusi nyata di berbagai bidang,” kata Gus Ipul sapaan lekatnya.

Ia berharap, ke depannya, Perempuan Indonesia harus terus meningkatkan kapasitasnya, memperkuat kemampuannya lewat berbagai cara. Perempuan juga diharapkan semakin mempunyai peran yang lebih konkret di tengah masyarakat misalnya di bidang kesehatan.

“Kepemimpinan perempuan Indonesia maju terus. Bahwa keseteraan gender itu makin hari mengalami peningkatan. Tantangannya satu, bagaimana kaum perempuan meningkatkan kapasitas dan kualitas sehingga bisa bersaing secara obyektif dengan siapa saja,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, Perempuan Indonesia juga harus terus membangun jaringan dan kekuatan di berbagai sektor, serta dengan semua kekuatan politik di negeri ini.

Mengenai peran di keluarga, Gus Ipul juga mengatakan, perempuan tetap harus memperkuat ketahanan keluarga. Perempuan ikut menjaga keluarga. Ini penting dilakukan mengingat keprihatinnya terhadap kejadian perceraian yang semakin meningkat.

Sementara itu, Hakim Pengadilan Negeri Trenggalek Dr. Silviany, MH mengatakan, Perempuan Indonesia terus berkiprah, bisa lebih berani dan percaya diri, namun tetap memegang teguh kultur budaya timur. “Bagi kita Perempuan Indonesia, kultur budaya kita harus tetap dipegang teguh,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sumiati yang pernah menjadi anggota DPRD Jatim menyampaikan bahwa Perempuan Indonesia harus bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Sebagai perempuan yang berkiprah harus membutuhkan literatur yang lebih banyak agar bisa membawa manfaat bagi orang di sekitarnya. (**).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *