Hadapi Krisis Keuangan, Gubernur Ubah Strategi Pembangunan

  • Whatsapp
Gubernur Prov Jatim Memberikan Hadiah Piala Gubernur Kepada Kepala Bappeda Prov Jatim Atas Kemenangan dan Ucapan Selamat Pada Lomba Peringatan HUT RI Ke-71 Di Hall Kantor Sekretariat Daerah

Untuk menghadap krisis ekonomi yang saat ini sedang terjadi di Indonesia, Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo mengubah strategi pembangunan, yaitu dengan memangkas anggaran SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur .

“Dalam menghadapi krisis ekonomi yang sedang terjadi di Indonesia, Pemprov. Jatim melakukan perubahan strategi pembangunan. Salah satunya dengan memangkas anggaran SKPD,” jelasnya saat menutup Pertandingan Olahraga dan Lomba Seni dalam rangka HUT ke 71 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2016, di Halaman Kantor Gubernur Jawa Timur Jl. Pahlawan 110 Surabaya, Juma (9/9).

Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi penundaan gaji pegawai negeri sipil (PNS). “Prinsip rekonstruksi pembenahan strategi pembangunan Jatim adalah memprioritaskan belanja pegawai,” ungkapnya. Hal tersebut dilakukan karena menurutnya mesin pemerintahan, pelayanan publik ada di birokrasi. Dengan demikian gaji PNS jangan sampai ditunda karena akan mengakibatnya terganggunya pelayanan publik.

Selain itu, Pemprov. Jatim memprioritaskan kebutuhan masyarakat ekonomi lemah seperti pelaku usaha mikro, juga petani kecil. “Usaha kecil dijaga keberadaannya, pengusaha kuat tidak akan diganggu,” jelasnya.  Hal tersebut dilakukan gar pertumbuhan ekonomi Jawa Timur tetap terjaga. Prinsipnya konsumsi ekonomi harus tetap jalan.

Di bagian lain, berbagai pertandingan dan lomba olahraga dan seni yang diselenggarakan di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur dalam rangka memperingati HUT ke 71 Kemerdekaan RI telah menghasilkan beberapa pemenang.

Adapun hasil pertandingan dan lomba, sebagai berikut : Bola Voli Putra : Juara I Satpol PP, Bola Voli Putri : Juara I Biro Adm. Kesejahteraan Rakyat, Bulu Tangkis : Juara I Bappeda Provinsi Jatim, Tenis Meja Putra : Juara I Biro Adm. Sumber Daya Alam, Futsal : Juara I BPKAD Provinsi Jatim, Catur : Juara I Biro Umum.

Sedangkan untuk Lomba Egrang Estafet : Juara I Bappeda Prov. Jatim, Lomba Lari Beregu : Juara I BPKAD Prov. Jatim, Lomba Tata Upacara : Juara I Biro Adm. Perekonomian, Lomba Masak Nasi Goreng Kreasi : Juara I Biro Humas dan Protokol, dan  Lomba Merangkai Mata Uang Mainan dimenangkan Biro Ad. Pembangunan. Sebagai Juara Umum direbut Bappeda Provinsi Jawa Timur. (**).

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *