Hardikal Ke-78, TNI AL Cetak Prajurit Jalasena Berintegritas

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Memperingati Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) ke-78 Tahun 2024, TNI Angkatan Laut (TNI AL) siap mencetak Prajurit Jalasena profesional dan modern dengan melaksanakan upacara militer di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Selasa (14/05/2024).

Upacara Hardikal Tahun 2024 ini dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Erwin S. Aldedharma mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali.

Hadir di acara ini Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah beserta para Pimpinan Lembaga Pendidikan TNI AL, para Petinggi TNI-Polri maupun stakeholder lainnya.

Peringatan Hardikal ke-78 kali ini mengangkat tema “Lembaga Pendidikan TNI AL Mencetak Prajurit Jalasena Yang Berkarakter, Berintergritas, Profesional dan Modern Dalam Rangka Mewujudkan TNI AL Yang Handal dan Disegani”.

Peserta upacara terdiri dari 6 Satuan Setingkat Batalyon (SSY). SSY 1, Kompi Gabungan Perwira (Kodiklatal, AAL, STTAL) & Kompi Siswa Pasukan Khusus (Pasus) Pusdiksus Kodikopsla. SSY 2, Taruna AAL. SSY 3, Kompi Antap dan Siswa Pusdikpomal & Kompi Kowal Kodiklatal.

SSY 4, SSY Siswa Bintara Kodiklatal. SSY 5, SSY Siswa Tamtama Kodiklatal. SSY 6, Kompi Gabungan PNS (Kodiklatal, AAL, STTAL), Kompi Siswa SMK Farmasi Sekesal & SMK KAL Surabaya. Dan SSY 7, Alat Instruksi (Alins) dari Kodiklatal, AAL serta STTAL.

Selain diisi dengan parade upacara militer, peringatan Hardikal Ke-78 juga diwarnai penampilan Kolone Senapan kolaborasi dengan Rapak Bedug, Jalaraga Kalestenik, Genderang Suling (GS) Taruna AAL kolaborasi Colour Guard, Fly Pass dan Boom Burst Pesawat Bonanza, serta Defile Pasukan.

Dalam memperingati Hardikal 2024 yang digelar secara spektakuler ini, 4 Lemdik TNI AL yakni Kodiklatal, Seskoal, AAL dan STTAL telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti Launching dan Bakti Sosial di Bromo.

Selain itu juga Donor Darah, Fun Bike, Fun Run, Lomba Menembak, Air Soft Gun, Seminar Nasional, Lomba Karya Tulis IImiah (LKTI), Rekor Muri Lomba Mewarnai, Ziarah dan Tabur Bunga di TMP 10 Nopember Mayjen Sungkono Surabaya.

Kemudian juga longmarch menempuh jarak 78 Km dengan menggunakan perlengkapan tempur, serta Lomba Panahan Kasal Cup yang siap dihelat pada awal Juni 2024.

Wajah pendidikan TNI AL telah menunjukkan banyak kemajuan dalam mencetak prajurit matra laut yang memiliki moral luhur, profesional dan berani.

Untuk lebih meningkatkan kualitas siswa didiknya, TNI AL kini telah memiliki 4 Komando Utama (Kotama) fungsional pendidikan. Tiga Kotama berlokasi di Bumimoro, yakni Kodiklatal, AAL dan STTAL, sedang satu Kotama yang berlokasi di Cipulir, Jakarta, adalah Seskoal. (Gan)

Teks Foto: Wakasal Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma (tengah) saat doorstop usai upacara peringatan Hardikal ke-78 di Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Selasa (14/05/2024).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait