Hartoyo Ingatkan Masyarakat Pola Makan Untuk Jaga Kesehatan

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Anggota DPRD provinsi Jatim Dr Hartoyo SH MH menuturkan, warga Indonesia yang meninggal dunia akibat diabetes, menduduki rangking ke tiga dunia.

Untuk itu, Wakil ketua DPD partai Demokrat Jatim ini mengingatkan agar masyarakat berani menjaga pola makan yang sehat, agar terhindar dari berbagai penyakit penyebab kematian.

“Sekarang ini di Indonesia memang terbanyak kematian itu karena stroke, penyakit jantung dan diabetes. Sebenarnya, penyakit seperti itu bisa dicegah. Cukup dengan menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga secara rutin,” terang anggota komisi E DPRD provinsi Jatim ini.

Penyakit-penyakit mematikan itu sebagian besar disebabkan oleh pola makan yang salah. Apalagi di jaman sekarang banyak makanan tidak sehat yang bisa dibeli dengan mudah.

Menurut Hartoyo, sebenarnya pemerintah juga harus lebih memperhatikan kasus-kasus penyakit yang tidak menular, tetapi hampir semua orang bisa terkena ini.

“Pemerintah harus lebih intens untuk melakukan sosialisasi betapa berbahayanya penyakit jantung dan diabetes. Harus diberikan pencerahan bagaimana mencegah penyakit ini,” tandasnya.

Hartoyo menambahkan, penyakit dalam ini (jantung dan diabetes) meskipun dicover oleh BPJS, tetapi biaya berobat nya juga besar sekali. Karena membutuhkan pengobatan seumur hidup. Ketergantungan terhadap obat ini juga akan mengakibatkan organ tubuh yang lain bisa terkena, yaitu ginjal.

“Kalau kebanyakan obat, ya ginjalnya akan sakit. Karena itu saya mengimbau dan meminta agar pemerintah tanggap untuk sesegera mungkin memberikan sosialisasi, memberikan pencerahan kepada masyarakat. Dengan melibatkan petugas kesehatan Puskesmas, jemput bola ke kampung-kampung. Lebih baik mencegah daripada mengobati,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait