Hartoyo Optimis, Pilkada Tetap Kondusif Meskipun Ketua KPU Diganti

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia berharap pemerintah segera mengirimkan Surat Presiden (Surpres) mengenai pergantian Ketua KPU RI.

Menurutnya, pergantian eks Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari akan berlangsung cepat jika surat tersebut sudah dikirimkan. Meskipun saat ini sudah ada Plt ketua KPU RI yang berasal dari anggota Komisioner Afifuddin.

Anggota DPRD provinsi Jatim Dr Hartoyo SH MH menjelaskan bahwa penggantian ketua KPU RI
melalui proses yang panjang, tidak serta merta ditunjuk, karena peran ketua KPU RI sangat penting dan rentan dengan berbagai kepentingan.

“Untuk saat ini sudah ada anggota komisioner yang menjadi Plt ketua KPU RI. Yang penting itu untuk mengisi kosongan. Kalau saya katakan apakah ini nanti akan ada
masalah, hal-hal seperti itu kembali kepada orangnya aja ya. Meskipun sudah digantikan saya yakin Pilkada tidak akan terganggu,” terang wakil ketua DPD partai Demokrat Jatim ini.

Anggota komisi E DPRD provinsi Jatim ini menuturkan, peristiwa pemecatan Hasyim Asy’ari sebagai ketua KPU RI memang terbilang sangat memalukan dan mengikis kepercayaan masyarakat terhadap kinerja KPU.

“Belajar dari kejadian kemarin, harapannya kepada masyarakat perlu disampaikan fakta yang sebenarnya seperti apa, jangan sampai terulang kembali dan jadi pembelajaran kita semua. Termasuk saya sebagai anggota DPRD yang mewakili rakyat, harus bisa menjaga diri dan memegang teguh kepercayaan masyarakat yang sudah memilih saya,” sambungnya.

Hartoyo menambahkan, saat ini waktu pelaksanaan Pilkada sudah sangat mendesak. Karena itu, sebaiknya yang perlu kita perhatikan adalah keadaan masyarakat baik-baik saja, tidak ada kejadian dan peristiwa yang bisa memicu keonaran.

“Kerjasama masyarakat, Forkompinda, aparat keamanan dan semua elemen masyarakat, termasuk tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh agama saling bersinergi untuk menciptakan suasana yang kondusif. Yang
penting pendataan untuk peserta Pilkada berjalan lancar, sehingga para pemilih bisa mendapatkan haknya. Calon-calon Bupati dan wakilnya, Gubernur dan wakilnya.
Semua terdata sesuai dengan pendaftaran yang mereka lakukan.
Saya optimis mekanisme pesta demokrasi pemilihan kepala daerah berjalan dengan lancar dan kondusif,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait