Hasil Audit, Kerugian DD 20 juta siap di Kembalikan

  • Whatsapp

JAILOLO,beritalima.com – kepala Desa Ake Jailolo Kecamatan Jailolo selatan(Jalsel) kabupaten Halmahera barat (Halbar) terpaksa harus mengembalikan sejumlah Dana Kas Desa yang bersumber dari Dana Desa.

Pasalnya Hasil Audit Inspektorat kabupaten halmahera barat terhadap Kepala desa setempat, terdapat kerugian negara sebesar Rp 20.0000.000 (Dua puluh juta).Hal ini diungkapkan oleh Kepala Inspektorat Halmahera barat Julius Marau di kantor bupati Awal pekan kemarin.

Dihadapan Wartawan ketika dia konfirmasi,Julius Menjelaskan bahwa,Hasil laporan Audit untuk kepala desa Akejailolo terbukti melakukan Penyalagunaan anggaran Dana desa,

“sudah ada laporan hasil pemeriksan”singkat Orang Nomor satu Di Inspektorat. Dikatakan,Hasil temuan kerugian negara itu,Pihak inspektorat sendiri memberikan Waktu kepada Kades Akejailolo selama dua Bulan untuk segerah melakukan pengambilan Anggaran tersebut ke Kas Desa sesuai besarnya Jumlah temuan.

yang Pasti 60 hari kemudian kita minta kerugian itu segera ia tindak lanjuti.jadi ada kerugian negara yang ia kembalikan dan memasukan ke kas desa itu.”Tegasnya.

Selain itu Pengembalian Kas Desa,lanjut Julius,Dirinya juga meminta kepada kades Akejailolo untuk melakukan melayangkan laporan resmi sebagai bentuk bukti pengambalian.

“kemudian laporan pengambilan kas desa harus segera masukan ke Inspektorat.”Pintanya. Meski begitu,Julius juga mengatakan,Jika dalam 60 hari ,hasil temuan juga belum di kembalikan,maka Hasil laporan Temuan Bakal ditindak lanjut ke ranah hukum sesuai hasil kesepakatan Lewat MOU Bersama Aparat penegak Hukum (APH) yakni Polres Halmahera barat untuk pertanggung jawabkan Perbuatan melawan Hukum.

untuk kades sendiri,dirinya mengatakan sampai 60 hari lalu kades tidak mampu mengambalikan kita akan serahakan APH sesuia MOU kita dengan APH”ungkapnya.

Untuk di ketahui,Hasil temuan yang merugikan Dana Desa (DD) desa Akejailolo tahun anggaran 2018.(Ay)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait