Hibah Program YESS, Dinas Pertanian Berikan Bantuan Kepada Petani Milenial

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung secara simbolis menyerahkan bantuan Hibah Kompetitif dari program YESS. Kegiatan bertempat di Rumah Ony Farm Desa Sambirobyong, Kecamatan, Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Rabu, (07/08/2024).

Hadir dalam acara penyerahan bantuan hibah kompetitif dari program YESS yaitu, Pj. Bupati Tulungagung Dr. Ir. Heru Suseno M.T, Sekdakab Tulungagung Drs. Tri Hariadi M.Si, Direktur Polbangtan Malang Dr.Ir.Setya Budhi Udrayana serta Kepala bantuan hibah.

Bantuan hibah diberikan secara simbolis kepada penerima manfaat dengan komoditas usaha peternakan kambing, peternakan sapi, peternakan ayam petelur, hidroponik, serta masih banyak lainnya. Acara juga diisi dengan penyerahan bantuan sembako kepada 10 orang warga.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung, Drs. Suyanto, M.M, mengatakan bahwa, Program YESS atau Youth Entrepreneur And Employment Support Services merupakan program kerjasama antara Kementerian Pertanian (Kementan) dengan International Fund For Agricultura Development (IFAD).

“Kerjasama tersebut, terkait proyek percontohan dan terobosan bagi pengembangan generasi muda dan regenerasi petani di pedesaan dengan membina mereka menjadi wirausahawan ataupun tenaga kerja yang kompeten,” ucapnya. Rabu, (07/08/2024).

Adapun di tahun 2024 ini, lanjutnya, Program YESS memberikan bantuan hibah kepada 38 penerima manfaat petani milenial Tulungagung dengan beragam komoditas usahanya dengan total bantuan sebesar 697 juta rupiah.

“Bantuan diharapkan dapat digunakan menunjang dan mengembangkan usaha para petani milenial, sehingga bisa berkembang secara signifikan,” tutupnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Tulungagung Heru Suseno berpesan kepada penerima manfaat, agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya untuk mengembangkan usahanya.

Sebagaimana tujuan daripada Program YESS itu sendiri yaitu, untuk mencetak generasi muda wirausaha milenial yang tangguh dan berkualitas dalam mengembangkan perekonomian melalui kewirausahaan dan menambah peluang kerja.

“Perlu diketahui, untuk mendapatkan Program YESS syaratnya adalah dengan mengajukan Proposal Kegiatan, bisa kegiatan yang sudah berjalan atau baru melalui proses seleksi dari Polbangtan untuk selanjutnya diverifikasi kemudian disetujui,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait