Hot news…….. Waspada Pneumonia Misterius Di China

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Dalam minggu ini terdengar berita yang mencekamkan bahwa ada wabah Pneumonia di China utara yg melanda ribuan anak kecil ini dikabarkan telah muncul wabah pneumonia misterius di China. Penemuan kasus pneumonia ini terjadi pada musim dingin pertama setelah China harus melwati tiga musim dingin dengan pembatasan ketat karena Covid-19.baik diberita TV maupun media cetak sehingga membuat kita panik apakah wabah pandemi covid jilid 2 akan muncul lagi? Terkait pemberitaan ini, tentu saja banyak orang di berbagai penjuru dunia merasa khawatir mengingat Covid-19 telah meninggalkan banyak trauma dan duka.

China telah memastikan bahwa wabah pneumonia misterius ini bukan disebabkan oleh varian baru dari SARS-Cov-2 alias Covid-19. Sejauh ini Pemerintah menunjukkan bahwa kasus infeksi ini berkaitan dengan mycoplasma pneumoniae, infeksi bakteri yang umum terjadi pada anak-anak.

Mycoplasma Pneumoniae Pneumonia merupakan salah satu patogen yang menyerang saluran pernapasan sehingga menyebabkan suatu infeksi, Infeksi ini umumnya terjadi pada anak sekolah dan remaja. Sebagian besar infeksi tersebut dikenal sebagai infeksi ringan dan dapat sembuh sendiri.

Menurut Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok pada tanggal 13 November :Peningkatan penyakit pernapasan secara nasional, terutama menyerang anak-anak, gejala seperti demam, kelelahan dan batuk.Akan tetapi sampai saat ini tidak ada kematian yang dilaporkan. Negara ini melaporkan ada 205 klaster influenza atau flu dalam seminggu. Serangan penyakit ini dimulai pada 13 November lalu. Jumlah pasien meningkat tinggi dibandingkan dengan 127 klaster pada minggu sebelumnya.anak-anak di kota-kota seperti Beijing, Tianjin dan Liaoning.

Komisi Kesehatan Nasional mengaitkan peningkatan infeksi ini dengan peredaran patogen yang diketahui- terutama influenza, tetapi juga pneumonia mikoplasma, virus pernapasan syncytial (RSV), rhinovirus, adenovirus, serta COVID-19.Faktor lain yang berkontribusi adalah datangnya musim dingin. Dan tahun ini merupakan musim dingin pertama di Tiongkok sejak negara itu mencabut kebijakan nol-COVID hampir setahun yang lalu.

Komisi Kesehatan Nasional telah menyerukan “langkah-langkah pencegahan & pengendalian epidemi yang efektif” untuk diterapkan di lokasi-lokasi seperti
1. Sekolah,
2. Lembaga penitipan anak
3. Panti jompo.
Pencegahan yang diambil Komisi kesehatan Nasional China bahwa menyerukan agar lebih banyak klinik dibuka, jam layanan diperpanjang dan pasokan obat-obatan ditingkatkan Pemerintah juga mendorong anak-anak dan orang lanjut usia untuk mendapatkan vaksinasi.
Masyarakat telah disarankan untuk membawa anak-anak dengan gejala yang tidak terlalu parah ke klinik dan fasilitas lainnya, bukan ke rumah sakit.

Pneumonia adalah gangguan sistem pernapasan karena terjadi peradangan di kantung udara paru-paru. Peradangan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari virus, bakteri, hingga jamur. Sejauh ini belum diketahui secara pasti tentang ada tidaknya perbedaan antara pneumonia misterius dan pneumonia pada umumnya. Namun, beginilah gejala yang ditemukan pada banyak pasien pneumonia di China.
GEJALA YANG TIMBUL :
1. Batuk kering atau berdahak.
2. Peningkatan detak jantung.
3. Mudah berkeringat atau menggigil kedinginan.
4. Sesak napas bahkan ketika beristirahat.
5. Hilang nafsu makan.
6. Nyeri di bagian dada yang semakin memburuk saat napas atau batuk.
7. Peningkatan suhu tubuh.
Beberapa pasien juga mengeluhkan sakit kepala, kelelahan, mengi, hingga batuk berdarah ketika mengidap pneumonia.

Eric Feigl-Ding, seorang ahli epidemiologi dan ekonom kesehatan China adalah salah satu orang pertama yang memvisualisasikan rumah sakit di Tiongkok yang penuh sesak. Dia mengatakan rumah sakit anak di Beijing kewalahan menangani anak-anak yang sakit, dan banyak sekolah ditutup. Wang menyatakan tidak menemukan penyakit yang tidak biasa atau jenis patogen baru dan menyatakan bahwa lonjakan infeksi tidak membebani rumah sakit.
Demikian ulasan singkat ini untuk dimaklumi,tetimakasih
RobertoNews 1730 《29.11.23 (08.55)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com

Pos terkait