HotNews : Mana bahaya Virus DHF atau Covid-19

  • Whatsapp

RobertoNews :  VIRUS DHF ( Demam Berdarah ) VS VIRUS CORONA( Covid-19) A. Waspadalah VIRUS DANGUE HAEMORHAGIC FEVER ( Demam Berdarah )Di tengah kita lagi sibuk menghadapi Virus Corona mewabah 209 negara terjangkit virus corona dengan memakan jiwa ratusan ribu korban yang tak berdosa. Ketika sedang menonton MetroTVpukul 12.00 siang ini memberitakan Kota Tangerang Selatan terdapat 150 orang terjangkit Virus Dangue Haemorhagic fever atau penyakit Deman Berdarah ( DBD)Kilas balik Di bulan Febuary 2019 berita tentang wabah Demam Berdarah begitu gencar kedengaran baik di  media elektronika maupun media cetak.Propinsi Jawa Timur menduduki ranking 1dari wabah Demam BerdarahBagi kita tinggal di daerah tropis rasanya sudah sering mendengar penyakit ini.Penyakit ini berkembang biak sepanjang tahun dan paling tinggindi musim hujan.


Data yang terhimpun oleh Kementerian Kesehatan RI per 1 Febuari 2019. Kejadian kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) tercatat 15.132 kasus dengan angka kematian mencapai 145 jiwa di seluruh Indonesia.
APA ITU DEMAM BERDARAH ,?Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk(.Aedes aegypti atau Aedes albopictus ) Demam berdarah DBD dulu disebut penyakit “break-bone” karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak.
Demam berdarah ringan menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), dan kematian.
WILAYAH TERJANGKIT DEMAM BERDARAH :Jutaan kasus infeksi DBD terjadi setiap tahunnya di seluruh dunia. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun. Demam berdarah dengue paling banyak ditemui selama musim hujan dan setelah musim hujan di area tropis dan subtropis .
 ADA 3 Jenis DEMAM BERDARAH 1. DEMAM BERDARAH KLASIK 2. DENGUE HAEMORRHAGIC FEVER 3. DENGUE SHOCK SYNDROM3
GEJALA DEMAM BERDARAH KLASIK1.Demam selama 4 hingga 7 hari setelah digigit oleh nyamuk yang terinfeksi.2.Demam tinggi, hingga 40 derajat C3.Sakit kepala parah4.Nyeri pada bagian belakang mata5.Nyeri otot dan sendi parah6.Mual dan muntah7.Ruam muncul di seluruh tubuh 3 sampai 4 hari setelah demam, kemudian berkurang setelah 1 hingga 2 hari. Anda mungkin mengalami ruam kedua beberapa hari kemudian.
GEJALA DENGUE HAEMORRHAGIC FEVER1.meliputi semua gejala dari demam berdarah klasik, ditambah:2.Kerusakan pada pembuluh darah dan getah bening3.Perdarahan dari hidung, gusi, atau di bawah kulit, menyebabkan memar berwarna ungu4.Jenis penyakit dengue ini dapat menyebabkan kematian.


GEJALA DENGUE SHOCK SYNDROMEGejala ini sangat mengancam nyawa, setelah melewati fase demam berdarah klasik dan dengue haemorhagic fever dengan tanda tanda :1.Kebocoran di luar pembuluh darah2.Perdarahan parah3.Shock (tekanan darah sangat rendah)
SIAPA YANG DISERANG DEMAM BERDARAH.Jenis penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak (dan beberapa orang dewasa) yang mengalami infeksi dengue kedua kalinya. Jenis penyakit ini sering kali fatal, terutama pada anak-anak dan dewasa muda.
PENYEBAB DEMAM BERDARAHDemam berdarah DBD disebabkan oleh 4 Jenis virus DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4. yang disebarkan oleh gigitan nyamuk berasal dari famili yaitu Aedes aegypti atau Aedes albopictus dapat membawa virus untuk menginfeksi darah manusia dengan gigitan dan mentransfer darah yang terinfeksi ke orang lain. Begitu Anda pulih dari demam berdarah, imunitas Anda akan terbentuk namun hanya sampai strain tertentu.Faktor-faktor risiko terkena Demam Berdarah:Orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia dan daerah Subtropis.


Bagaimana mendiagnosis demam berdarah dengue? 1. Dengan tanda dan gejala seperti diatas  2. Periksa laboratorium :                                        a. Lekosit tinggi                                        b. Thrombosit menurun drastis                                             c. anti DHF IgM dan anti DHF IgG PENGOBATAN:Tidak ada penanganan spesifik untuk demam berdarah DBD, kebanyakan pasien pulih dalam 2 minggu. Penting untuk menangani gejala-gejala untuk menghindari komplikasi. Dokter biasanya merekomendasikan pilihan pengobatan berikut:1.Istirahat yang banyak di tempat tidur2.Minum banyak cairan3.Minum obat untuk menurunkan demam. Paracetamol (Tylenol®, Panadol®) dapat meringankan rasa sakit dan menurunkan demam.Catatan :1.Hindari penghilang rasa sakit yang dapat meningkatkan komplikasi perdarahan, seperti aspirin, ibuprofen (Advil®, Motrin®) dan naproxen sodium (Aleve®).2.Untuk kasus yang lebih serius, demam berdarah dapat menyebabkan shock atau hemorrhagic fever yang memerlukan perhatian medis lebih.


PENCEGAHAN : 1. Rumah dan lingkungan sekitarnya senantisa dijaga kondisi bersih dan jauh dari sarang nyamuk. 2. Jangan membiarkan air yang mengenang di sekitar tempat tinggsl. 3. Jangan menumpuk sampah atau membiarkan air tergenang disekitar rumah 4. Melaksanakan fogging di sekitar tempat tinggal penduduk yang rapat.    5,    Gunakan pakaian pelindung. Apabila Anda berada di daerah yang banyak nyamuk.Mencegah lebih baik dari Pengobatan.kiranya artikel singkat ini bisa membantu menambah perbendaharaan ilmu kesehatan tentang Demam Berdarah .Anda Sehat Kami Bangga !==============/==================


B. WASPADALAH VIRUS CORONA,(Covid-19)Masyarakat kita bahkan saudara kita di belahan dunia timur maupun barat sedang berjuang menghadapi wabah pandemik Virus Corona yang memcekam Di awal 2020 wabah virus corona terjangkit di Wuhan lalu mewabah seluruh pelosok dunia, indonesia mulai terdapat kasus di awal Maret 2020 dan kini 209 negara terjangkit oleh Covid-19
Di awal tahun 2020 Wuhan, salah satu kota di China tiba-tiba diserang virus misterius. Virus ini mulai menyerang kota tersebut dengan wabah yang diduga menyerupai pneumonia China.Pnenumonia Wuhan berat ini pertama kali ditemukan setika 59 orang yang tinggal di dekat pasar ikan di kota itu mengalami gejala seperti pneumonia.

APA ITU CORONAVIRUS .Coronavirus termasuk ke dalam keluarga besar virus yang biasanya menginfeksi hewan, namun lambat laun dapat berevolusi dan menyebar ke manusia. Gejala pertama yang akan terlihat pada manusia yang terinfeksi virus tersebut yaitu demam, batuk dan sesak napas, yang dapat berkembang menjadi pneumonia.
GEJALA VIRUS WUHAN    1,    demam karena radang di jaringan paru,   2.    batuk baik kering atau berdahak,    3.    kesulitan bernapas
CARA PENULARANN VIRUS CORONAKarena berasal dari keluarga yang sama dengan SARS, virus corona atau virus pneumonia Wuhan ini awalnya diprediksi menyebar melalui pernapasan (udara)
DARURAT KESEHATAN GLOBAL:Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi penemuan awal virus corona baru tersebut dalam sebuah pernyataan. Jenis coronavirus ini adalah 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV). Virus Corona di Wuhan ditetapkan sebagai masalah Darurat Kesehatan Global 
WHO dapat mendefinisikan suatu virus atau wabah ke dalam keadaan darurat (Public Health Emergency of International Concern) jika virus tersebut berada dalam kategori “peristiwa luar biasa” yang “serius, tidak biasa atau tidak terduga.” Diberi nama Covid-19 .


WHO pernah menerapkan status Darurat Kesehatan Global pada 1.Tahun 2009 untuk wabah Polio2.Tahun 2014 untuk wabah Ebola3.Tahun 2016 untuk wabahVirus Zika4.Tahun 2019 untuk virus Ebola di negara Kongo yang menewaskan 2000 rang.5,Tahun 2020 untuk virus Corona di Wuhan
PENCEGAHAN :”Tidak ada vaksin pneumonia Wuhan.” kata Dr.Erlina Burhan, Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PP PDPI) mengatakan banyak orang menginginkan divaksin supaya terhindar dari penyakit ini. Hanya saja dia menegaskan sampai saat ini belum ada vaksin khusus pneumonia Selanjutnya mengatakan pembuatan vaksin memerlukan waktu lama sehingga tidak mungkin vaksin ditemukan dan dipasarkan sesaat setelah terjadi outbreak.


Beberapa Tip untuk pencegahan :1.mencuci tangan menggunakan sabun dan air, 2.menghindari menyentuh mata, hidung atau mulut dan 3.menjauhkan diri dari orang sakit. 4.penggunaan masker untuk melindungi diri dari virus itu.
Cara melindungi orang lain agar tidak tertular1. Tetap istirahat di rumah.2. Hindari kontak dekat dengan orang lain.3. Tutup mulut dan hidung dengan masker atau tisu saat batuk dan bersin.      Buang tisu ke dalam tempat sampah dan cuci tangan.4. Bersihkan benda-benda di sekitar.


HIMBAUAN :Masyarakat juga diimbau untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Konsumsi makanan bergizi dengan menu seimbang dan lengkapi asupan dengan buah serta sayur. Lakukan pula aktivitas fisik selama 30 menit per hari. Kesimpulan :Virus Dengue Haemoraghic Fever ( Demam Berdarah ) & Virus Corona ( Covid-19) mana yang lebih berbahaya. Karena penyebaran media sosial yang gencar memberikan info yang tidak benar seperti temannya mati karena serangan jantung namumdibias mati karena Covid-19. OllalaSekikas info. Semoga bermanfaat !RobertoNews 836 《12.April 2020 (13.38)》

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait