HPL Pantau Persiapan BPBD Tanggulangi Bencana

  • Whatsapp

LUMAJANG, Beritalima.com |
Musim penghujan yang saat ini tengah kita rasakan, tidak bisa dipungkiri sering menimbulkan berbagai bencana. Bukan hanya bencana banjir, namun juga tanah longsor dan gunung meletus tengah melanda wilayah Jember, Lumajang dan sekitarnya. Karena itu, sebagai wakil rakyat, Hari Putri Lestari, atau yang biasa dipanggil HPL, melakukan antisipasi dengan mengunjungi dapilnya.

Politisi PDIP ini, meninjau Mitigasi Bencana (persiapan sebelum bencana terjadi) di beberapa tempat di seputar Lumajang.

“Menghadiri pembentukan Desa, Kelurahan Tangguh Bencana ( Destana) di Desa Selok Anyar, kecamatan Pasirian kabupaten Lumajang,” terang Anggota DPRD provinsi Jatim ini lebih lanjut.

“Rangkaian program BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jatim bekerja sama dengan BPBD Kota Kabupaten dan desa, terutama desa yang rawan bencana. Akan dibentuk di desa-desa lainnya di seluruh kota kabupaten di Jawa Timur,” sambungnya.

HPL menuturkan, mitigasi yang dilakukan baik pemprov maupun kabupaten Lumajang ini merupakan serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.
“Bencana yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan atau faktor non alam maupun faktor manusia, sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis,” ungkap Anggota komisi E ini.

“Berhadapan dengan bencana ada empat kegiatan yang kita lakukan sebagai mitigasi, yaitu kesiapan, tanggapan, dan penormalan kembali. Dengan meninjau mitigasi, kita harapkan bisa mengurangi risiko kerugian dan korban,” tuturnya.

“Kami memantau kesiapan personil BPBD, pembentukan relawan-relawan, peralatan penunjang dan kondisi lingkungan,” pungkasnya.(yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait