ICORPAX Nilai Kinerja KAI “Sangat Baik”

  • Whatsapp
ICORPAX Nilai Kinerja KAI “Sangat Baik”

Jakarta, beritalima.com| – Kinerja PT Kereta Api Indonesia (Persero) menunjukkan komitmen yang terus membaik dengan penerapan Good Corporate Governance (GCG), salah satunya tercermin dari keberhasilannya meraih penilaian “Sangat Baik” dalam Indonesian Corporate Accountability Index (ICORPAX) 2023.

Penilaian ini dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dengan KAI mencatatkan nilai 87,99% dengan kategori Sangat Baik. Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pencapaian KAI dalam ICORPAX merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk memperkuat tata kelola organisasi yang semakin baik.

“Hasil ini juga mencerminkan integritas di setiap aspek bisnis, yang diharapkan dapat mendukung percepatan pengembangan perekonomian nasional,” ujarnya. Penilaian ICORPAX, tambah Didiek,  menjadi dorongan bagi seluruh karyawan KAI untuk terus bertumbuh dan melakukan akselerasi kinerja secara berkelanjutan.

ICORPAX adalah alat ukur untuk mengukur akuntabilitas korporasi sebagai pengelola kekayaan negara yang dipisahkan (KNYD) dalam mendukung pembangunan sesuai maksud dan tujuan pembentukan BUMN. ICORPAX merupakan instrumen yang menghasilkan rancangan pengukuran mencakup seluruh parameter pengukuran individual atas peran BUMN sebagai korporasi milik negara.

Penilaian ICORPAX terhadap KAI selama 15 hari kerja mulai 24 Juli hingga 13 Agustus 2024. Adapun penilaian meliputi lima dimensi utama: Akuntabilitas Korporasi pada Pembangunan, Akuntabilitas Korporasi pada Keuangan Negara, Kepatuhan dan Efektivitas Operasional, Efektivitas Sistem Tata Kelola Korporasi, serta Efektivitas Pengendalian Fraud.

“Dengan hasil penilaian ini, kami berharap kepercayaan pemangku kepentingan terhadap inisiatif dan aksi strategis perusahaan semakin meningkat. Kami juga akan terus berkomitmen meningkatkan aspek keberlanjutan dalam setiap langkah kami, guna menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan,” jelas Didiek.

Jurnalis: Abri

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait