Indonesia Timur Jadi Fokus Pemerataan Informasi Dengan Palapa Ring 

  • Whatsapp
Di Indonesia Timur masih perlu perhatian dalam pemerataan informasi (foto: abri)

Jakarta, beritalima.com|- Pemerintah telah melakukan berbagai upaya mewujudkan pemerataan informasi, salah satu contoh adalah pembangunan Palapa Ring di Wilayah Timur Indonesia.

Palapa Ring merupakan sebuah jaringan komunikasi bertujuan untuk meningkatkan akses internet di daerah-daerah terpencil. Dengan adanya Palapa Ring, masyarakat di daerah terpencil dapat memiliki akses internet yang lebih mudah dan lebih cepat.

Hal ini menjadi diskusi Dialektika Demokrasi tentang “Upaya Pemerataan Informasi Hingga Daerah Tertinggal Terluar Terpencil”, diselenggarakan di Ruang PPID Gedung Nusantara I Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (13/8), oleh Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) bekerja sama dengan Biro Pemberitaan DPR RI.

Isu utama yang dibahas dalam diskusi ini tentang pemerataan informasi, sebagai aspek penting dalam pembangunan suatu negara. Informasi yang merata dapat membantu masyarakat terpencil memiliki akses sama dengan masyarakat lainnya, sehingga dapat meredam gejolak-gejolak sosial yang timbul akibat kurangnya akses informasi.

Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas mengatakan, “salah satu tema sentral dalam pembangunan Indonesia adalah tentang kemaritiman yang tentunya tidak lepas dari Wilayah Timur Indonesia, dikaitkan dengan ekonomi pertumbuhan tinggi. Tahun ini kita fokus pada pemerataan, baik ekonomi maupun informasi ke masyarakat secara keseluruhan.”

“Salah satu ciri utama keberhasilan berdemokrasi adalah ketika semakin banyak pihak yang terlibat dan merasa bahagia dengan apa yang sedang dibangun secara bersama-sama, baik oleh pemerintah maupun oleh swasta,” jelas Ketua KPID Riau, Hisyam Setiawan.

Jurnalis: Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait