Ini Perbedaan SMA dan SMK yang Harus Dicermati

  • Whatsapp

Setelah lulus dari bangku SMP, banyak siswa yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dimana kamu diharuskan untuk memilih sekolah di SMA atau SMK. Sebelum menentukan pilihan sebaiknya kamu segera menentukan arah tujuanmu dan memahami perbedaan SMA dan SMK. Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi berarti harus memilih SMA. Namun, jika kamu ingin memiliki skill sehingga bisa langsung bekerja maka harus memilih SMK.

Perbedaan SMA dan SMK yang Harus Dipahami

Memilih sekolah di SMA maupun SMK bukan suatu yang mudah karena ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan. Jangan sampai kamu salah memilih karena jika sampai salah nantinya akan mempengaruhi masa depanmu. Supaya tidak salah pilih sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perbedaan SMA dan SMK. Berikut ini adalah perbedaan kedua sekolah tersebut.

  1. Lama Pendidikan

Pada dasarnya lama pendidikan di SMA maupun SMK itu sama yaitu ditempuh selama tiga tahun. Namun, satu hal yang membedakannya yaitu ada beberapa jurusan di SMK yang memerlukan durasi praktik yang lebih lama sehingga membuat waktu pendidikan yang ditempuh juga semakin lama yaitu selama 4 tahun.

Pada tahun 2017 Kemendikbud meluncurkan program SMK yang ditempuh selama 4 tahun. Tujuan dari program ini untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK. Dimana pada tahun keempat, kamu yang sekolah di SMK akan belajar di dunia industri atau PKL.

  1. Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan sekolah di SMA dan SMK ternyata juga berbeda. Dimana biaya pendidikan SMA lebih murah dibandingkan biaya pendidikan SMK. Perbedaan tersebut terjadi karena siswa yang sekolah di SMK tidak hanya belajar di ruang kelas saja tetapi juga akan praktik langsung. Saat sudah kelas XI dan XII nantinya siswa SMK akan berhadapan dengan banyak praktikum.

Untuk biaya pendidikan setiap SMK belum tentu sama, tergantung kebijakan masing-masing sekolah. Sebaliknya untuk biaya pendidikan di SMA yang lebih murah karena lebih sering belajar di ruang kelas. Jika praktik pun masih berada di dalam lingkungan sekolah, biasanya dilakukan di laboratorium.

  1. Jenis Jurusan

Jurusan di SMA jauh lebih sedikit dari jurusan SMK. Dimana di SMA hanya tersedia tiga jurusan yaitu IPA, IPS dan Bahasa. Sedangkan jurusan yang tersedia di SMK sangat banyak, seperti jurusan TKR, otomotif, Perikanan, Pertanian, Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Pemasaran, Teknik Elektro, Kelistrikan dan masih banyak lagi.

Jika kamu ingin menjadi lulusan yang berkualitas dengan skill mumpuni sebaiknya memilih SMK. Namun, jika ingin kuliah ke perguruan tinggi berarti harus memilih SMA. Kedua sekolah ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  1. Mata Pelajaran yang Didapatkan

Perbedaan SMA dan SMK selanjutnya yaitu mata pelajaran yang didapatkan. Untuk siswa yang sekolah di SMA akan mendapatkan materi pelajaran yang sifatnya umum, sedangkan untuk SMK materinya lebih spesifik. Materi pelajaran untuk anak SMK akan disesuaikan dengan jurusan yang dipilih. Meski di SMA ada beberapa jurusan tetapi materi pelajaran yang diberikan hampir sama dengan jurusan lainnya.

  1. Tempat Belajar

Tempat belajar antara siswa yang sekolah di SMA dan SMK juga mengalami perbedaan. Siswa yang sekolah di SMA waktu belajarnya akan dihabiskan di lingkungan sekolah, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Tetapi untuk siswa SMK tidak hanya belajar di ruang kelas saja melainkan juga mendapatkan kesempatan untuk belajar di luar lingkungan sekolah.

Tempat belajar siswa SMK tidak cukup hanya di ruang kelas saja. Namunn, juga perlu terjun langsung di lapangan untuk praktik. Tempat belajar siswa SMK cukup banyak seperti dunia industri, dunia perusahaan dan dunia usaha.

Nah itulah informasi tentang perbedaan SMA dan SMK yang harus dicermati. Diharapkan informasi diatas bisa membantu kamu dalam menentukan pilihan yang tepat, akankah melanjutkan pendidikan di SMA atau SMK. Salah satu SMA Swasta Terbaik di Bogor Jawa Barat yang bisa siswa pilih jika berniat ke SMA adalah SMA Dwiwarna (Boarding School). Dapatkan fasilitas dan kualitas pendidikan terbaik di sekolah ini.

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait