Jaga Ketahanan Pangan Bagi Para Nelayan, Ini Strategi Pemdes Racitengah Sidayu Gresik

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com- Program ketahanan pangan untuk masyarakat desa Racitengah kecamatan Sidayu terus dilakukan. Salah satunya membuat branjang atau rumpon untuk para nelayan.

Pembuatan branjang dan rumpon salah satu strategi Pemdes Racitengah untuk mensejahterakan warganya. Hal tersebut dilakukan karena ada kelompok nelayan desa yang harus diperhatikan untuk membantu penghasilan.

Branjang atau rumpon tersebut bisa dimanfaatkan oleh sekelompok nelayan desa Racitengah untuk mencari ikan. Pasalnya, branjang atau rumpon akan menjadi tempat berkumpulnya ikan. Sehingga, para nelayan dapat memanfaatkan branjang dan rumpon mencari ikan baik dengan cara memancing atau menjaring.

Melalui anggaran ketahanan pangan yang bersumber dari Dana Desa tahun 2024, Pemdes Racitengah membuat branjang/rumpon sebanyak dua unit. Total anggaran pengadaan branjang/rumpon senilai Rp29 juta.

Kepala Desa (Kades) Racitengah, Abdul Rozak mengatakan bahwa pembuatan branjang/rumpon ini sudah masuk dalam program desa tahun 2024 dan sudah tertuang pada Musyawarah Desa.

“Pembuatan dua unit branjang/rumpon sudah dilaksanakan dengan memakai anggaran Dana Desa tahun 2024 senilai Rp 29 juta. Pembuatan branjang/rumpon merupakan pogram ketahanan pangan di Desa Racitengah. Pengerjaan dilakukan selama dua hari dengan memakai tenaga khusus sebanyak 5 orang yang diambil dari kelompok nelayan desa,” jelasnya pada Senin (21/10/2024).

Ditambahkan Abdul Rozak, pembuatan branjang/rumpon sangat diperlukan oleh sekelompok nelayan desa yang butuh perhatian khusus untuk menambah penghasilan sebagai nelayan.

“Dengan dibuarkan branjang/rumpon, Pemdes Racitengah berharap agar masyarakat desa terutama yang bekerja sebagai nelayan dapat memenuhi kebutuhan pangan. Sehingga tujuan pemerintah untuk program ketahanan pangan dapat sepenuhnya terpenuhi,” tegas Kades Racitengah, Abdul Rozak.

Masih menurutnya, pembuatan branjang dapat digunakan untuk rumpon juga bisa menghasilkan kerang hjjau. Kerang tersebut akan dikelola dan hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Semoga pembuatan dua unit branjang/rumpon ini bisa bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat terutama kelompok nelayan desa Racitengah,” pungkasnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait