Jaga Nama Baik Keluarga Presiden Soekarno, Arteria Dahlan Mundur Dari Anggota DPR

  • Whatsapp
Arteria Dahlam mundur untuk menjaaga nama bak Keluarga Presiden Soekarno (foto: Rendy)

Jakarta, Beritalima.com| – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Arteria Dahlan mundur dari calon anggota DPR RI (2024-2029) untuk menjaga nama baik Presiden Pertama Soekarno. Mundurnya Arteria dengan sendirinya muluskan jalan untuk digantikan cucu Presiden Soekarno, Hendra Rahtomo atau dikenal Romy Soekarno, mendapatkan kursi DPR.

Mundurnya Arteria menuai sorotan karena ia dikenal sebagai politikus vokaal, getol membicarakan demokrasi dan perlawanan melawan korupsi. Namun, Arteria menjelaskan,ia memiliki alasan sendiri untuk mundur. Ia mengatakan merasa perlu membalas budi pada keluarga Soekarno, terutama Megawati Soekarnoputri dan suaminya Taufiq Kiemas, yang telah memberinya banyak bantuan dalam karir politiknya (30/9).

Arteria menambaahkan, ia telah mendapat banyak budi dari cucu Soekarno lainnya, yaitu Puan Maharani (Ketua DPR RI). Pilihan ini merupakan upaya untuk menjaga nama baik Megawati dan keluarga besar Bung Karno.

Romy Soekarno, merupakan anak Rachmawati Soekarnoputri, akan menjadi anggota DPR bersama adik Pramono Anung, Pulung Agustanto, yang memperoleh suara terbanyak di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VI. Romy mendapat suara 51.245, jauh di bawah Arteria dengan 62.242. Sri Rahayu raih 111.284, dan posisinya diganti Pulung Agustanto.

Penetapan Romy Soekarno sebagai anggota DPR periode 2024-2029 tertuang dalam Surat Keputusan (SK) KPU 1401/2024 tentang Perubahan Kelima Atas Keputusan KPU Nomor 1206/2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPR Dalam Pemilu 2024. Dalam SK tersebut, Ketua KPU Mochammad Afifuddin menandatangani keputusan tersebut pada Jumat, 27 September 2024.

Perubahan susunan anggota DPR dari partai berlambang banteng ini adalah bagian dari konsolidasi internal PDIP.

Jurnaalis: Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait