Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 1 Beroperasi Fungsional untuk Dukung PON 2024

  • Whatsapp

Beritalima.com ( Jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum mulai beroperasi secara fungsional mulai hari ini, Minggu (8/9/2024). Langkah ini diambil oleh operator tol, PT Hutama Karya (Persero), untuk mendukung gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Operasional jalan tol ini akan dilakukan secara gratis mulai tanggal 8 hingga 20 September 2024, dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Hal ini diungkapkan oleh Hutama Karya melalui unggahan di akun Instagram resmi mereka, @hutamakaryatollroad.

Namun, tidak semua pengguna jalan dapat melintasi jalan tol tersebut. Tol ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan yang terlibat langsung dalam pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. “Hanya Berlaku untuk kendaraan Official PON yang dilengkapi dengan sticker penandaan khusus dari PB PON,” tulis Hutama Karya.

Jalan Tol Sibanceh Seksi 1 yang menghubungkan Padang Tiji dan Seulimeum memiliki panjang 24,68 kilometer. Menurut data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Agustus lalu, progres konstruksi Seksi 1 mencapai 89,28% dan diharapkan selesai pada tahun ini.

Tol Sigli-Banda Aceh merupakan jalan tol pertama di Provinsi Aceh. Hingga saat ini, dari total enam seksi jalan tol, lima di antaranya sudah beroperasi, yakni dari Seulimeum hingga Baitussalam dengan panjang 48,5 kilometer.

BPJT Kementerian PUPR menyatakan bahwa jalan tol ini akan mengurangi waktu tempuh perjalanan secara signifikan. Perjalanan dari Seulimeum ke Baitussalam, yang sebelumnya memakan waktu 1,5 jam, kini hanya memerlukan 30 menit dengan adanya jalan tol.

Penghematan waktu perjalanan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi transportasi di wilayah Aceh, sekaligus mendukung perkembangan infrastruktur di daerah tersebut. Pembangunan jalan tol ini juga menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan di wilayah luar Jawa.

Seksi 2-4 yang menghubungkan Seulimeum dan Blang Bintang juga akan segera memberlakukan penyesuaian tarif dalam waktu dekat. Sementara itu, seksi 5-6 yang menghubungkan Blang Bintang dan Baitussalam juga akan segera beroperasi dengan tarif yang diberlakukan.

Dengan beroperasinya Jalan Tol Sigli-Banda Aceh secara penuh nantinya, diharapkan dapat menjadi jalur transportasi utama yang mendukung aktivitas ekonomi dan sosial di Provinsi Aceh.

Diharapkan pula, infrastruktur ini dapat berkontribusi dalam mempercepat pembangunan di sektor transportasi, sehingga mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Aceh dan sekitarnya.

Gelaran PON XXI yang diadakan di Aceh dan Sumatera Utara pun semakin diharapkan berjalan lancar dengan adanya dukungan dari fasilitas infrastruktur ini. Ucapnya(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait