Jangan Lupa, Budayakan Berdoa Sebelum Makan

  • Whatsapp

beritalima.com – Sudah bukan hal asing untuk kita semua sebagai manusia dianjurkan untuk berdoa sebelum makan. Hal ini dikarenakan makanan merupakan kebutuhan yang paling penting dan rezeki yang sangat besar yang diberikan Allah untuk setiap manusia.

Manusia untuk bisa melakukan kegiatan apapun untuk memenuhi kebutuhan pokoknya harus butuh makan. Namun, ada hal yang sering kita lupakan sebelum makan, yaitu berdoa. Dengan berkembangnya teknologi, budaya kita untuk berdoa sebelum makan makin kesini makin menurun. Banyak dari kita yang memotret makanan terlebih dahulu dan langsung memakannya, sehingga lupa untuk berdoa.

Padahal, kita sebagai umat manusia harus mensyukuri apa yang telah kita punya, dengan kita berdoa sebelum makan maka kita telah bersyukur atas nikmat-Nya dan dapat menjadi berkah untuk tubuh kita. Dikutip dari muslim.or.id, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Jika saja dia makan dengan (menyebut) nama Allah, niscaya makanan ini akan mencukupi kalian semua.”

Selain rasa syukur kita kepada Allah, membaca doa sebelum makan juga dapat menghindari setan ikut memakan makanan kita.

Menurut Dania Hapsari, salah satu mahasiswi yang sedang ikut pengajian berkata, “dulu saya kalau mau makan sering lupa baca doa. Setelah saya makan, saya sering merasa tidak kenyang. sekarang alhamdulillah saya selalu baca doa sebelum makan dan setelah saya makan, saya merasa cukup.”

Sebagian orang beranggapan membaca doa sebelum makan itu sunah. Namun, lebih tepatnya bahwa membaca doa sebelum makan itu adalah wajib. Hal tersebut disampainkan oleh Yusuf, seorang Ustad di suatu tempat pengajian di daerah Jakarta.

Dinar Triana Annisa

Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *