Jatim Borong WTN Berturut turut

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com— Provinsi Jawa Timur (Jatim) banyak memperoleh penghargaan dari presiden RI, salah satunya Jatim pada tahun 2011 merupakan provinsi pertama di Indonesia yg mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama dibidang pembangunan transportasi.

Tak hanya itu pada 2016 lalu, Jatim merupakan provinsi pertama yg mendapatkan penghargaan WTN Wiratama Kencana dari presiden juga, dibidang pembangunan transportasi.

Saat ini Jatim kembali menerima penghargaan WTN Wiratama dari presiden RI dibidang pembangunan transportasi. Bila ini didapatkan lagi bisa dipertahankan sampai th 2020, maka Jatim merupakan provinsi pertama yg akan menerima penghargaan WTN Wiratama Kencana II dari Presiden RI dibidang transportasi.

Jatim memborong 31 penghargaan WTN yang diberikan Pemerintah Pusat, penyerahan penghargaan sebagai wujud apresiasi pemerintah pusat atas kerja Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam menata transportasi perkotaan ini dilakukan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, kepada Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mengatakan penghargaan ini sangat spesial, karena Jatim menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang memperoleh WTN enam kali berturut-turut.

“Apabila dapat mempertahankan penghargaan WTN sampai tahun 2020, Jatim akan menerima penghargaan WTN Wiratama Kencana II,” ujarnya, Selasa (31/1/2017), di Istana Wapres.

Piala WTN Wiratama merupakan piala penghargaan Presiden RI yang diberikan kepada pemerintah provinsi yang dinilai berkomitmen kepada penataan transportasi yang baik dan berhasil melakukan pembinaan kepada kabupaten/kota.

Indikatornya, jumlah kabupaten/kota peserta WTN adalah 50 persen dari jumlah kabupaten/kota di provinsi tersebut dan jumlah yang memperoleh penghargaan WTN adalah minimal 50 persen dari jumlah peserta yang ikut WTN.

Pemberian WTN Wiratama diserahkan bagi provinsi yang mempunyai komitmen kuat terhadap pembangunan dan peningkatan kinerja lalu lintas dan angkutan jalan di Jatim serta konsisten memberikan pembinaan dan bantuan teknis di bidang lalu lintaa dan angkutan jalan kepada kabupaten/kota

Sesuai dengan Kepmenhub RI Nomor : KP.588 Tahun 2016, tentang Penerima Penghargaan WTN.

Ada 30 kabupaten/kota di Jatim yang meraih penghargaan ini. Katagori Piala WTN Kota Raya, diraih Kota Surabaya.

Lalu WTN Kota Besar diraih Kota Malang, Piala WTN Kota Sedang diraih Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Mojokerto, Kota Blitar, Jombang, Jember, dan Kota Probolinggo, Katagori Piala WTN Kota Kecil diraih Tulungagung.

Kemudian Piala WTN kategori Angkutan Kota Sedang diraih oleh Sidoarjo.

Jatim juga memborong piala untuk kategori lainnya.

Piala WTN Katagori Lalu Lintas Kota Sedang diterima Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Banyuwangi.

Piala WTN Katagori Lalu Lintas Kota Kecil diraih oleh Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Pacitan, Trenggalek, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Blitar, Lumajang, Tuban, Lamongan, Nganjuk, Gresik, dan Situbondo.

Sedangkan katagori Plakat WTN diterima Kabupaten Kediri dan Sumenep.

Kepala Dinas Perhubungan Jatim Wahid Wahyudi menambahkan, WTN digelara untuk mendorong dan memotivasi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam penyelenggaraan transportasi perkotaan yang selamat, tertib, lancar, efisien, handal dan berkelanjutan. (Red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *