Jazuli: HUT RI 2020 Momentum Jokowi Tunjukkan Kerja Untuk Kesejahteraan Rakyat

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Dr H Jazuli Juwaini mengatakan, HUT Kemerdekaan merupakan momentum untuk semakin mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan kerja nyata untuk bangsa, apalagi di tengah wabah pandemi virus Corona(Covid-19) dan ancaman resesi ekonomi.

Dalam keterangan tertulis melalui WhatsApp kepada Beritalima.com, Senin (17/8) siang, Jazuli mengatakan, peringatan HUT Kemerdekaan RI selalu menghadirkan kesan yang mendalam. “Pesan dan kesan itu semakin kuat di tahun ini karena diselenggarakan dalam kondisi bangsa menghadapi pandemi Covid-19 dan ancaman resesi ekonomi sebagai dampaknya,” ulang Jazuli.

Meski menghadapi situasi yang sulit, ungkap Anggota Komisi I DPR RI itu, bangsa Indonesia harus tetap optimis, sebab kondisi yang kita hadapi hari ini tidak lebih sulit bahkan jauh lebih mudah dari yang dihadapi para pejuang kemerdekaan yang membangun bangsa porak poranda akibat penjajahan.

Modalnya optimisme, kekuatan tekad, dan persatuan untuk membangun Indonesia. Ini tantangan kita, khususnya pemerintah dan pengelola negara agar benar-benar mampu membaca spirit kemerdekaan.

“Kondisi sesulit apapun bisa dilalui dengan omptimisme, tekad yang kuat, dan persatuan. Pemerintah harus menghadirkan kebijakan yang menyemai modalitas bangsa, menjadi teladan dengan menunjukkan kerja nyata untuk Indonesia,” pesan Jazuli.

Dikatakan, Fraksi PKS DPR sudah banyak menyoroti dan mengkritisi apa yang menjadi kebijakan Pemerintah di masa pandemi yang dinilai buruk, mulai dari tidak fokusnya penanganan, lambatnya respon, inkonsistensi kebijakan, program yang bermasalah seperti kartu prakerja, koordinasi lintas sektor yang amburadul sampai-sampai harus dibuat gugus tugas, anggaran tak terkelola dengan baik berdampak langsung pada penyerapan anggaran sangat rendah padahal rakyat sudah menjerit.

“Ini yang menjadi tantangan Pemerintah. Pemerintah jangan hanya pandai membuat rencana lalu beretorika di depan publik, di tambah marah-marah Joko Widodo kepada para menterinya. Bukan itu yang diinginkan rakyat, melainkan bukti nyata di lapangan,” tegas Jazuli.

PKS juga menyoroti keberihakan pemerintahan Jokowi kepada rakyat di masa pandemi ini, pasalnya di tengah pandemi iuran BPJS Kesehatan malah naik, sementara harga BBM yang seharusnya turun tidak diturunkan. Stimulus kepada UMKM juga tak kunjung dirasakan secara masif.

“Atas semua kritik konstruktif Fraksi PKS, harusnya Pemerintah mengambil respon yang cepat, tepat dan sistematis dengan kerja nyata untuk rakyat. Jangan rakyat yang sudah susah ditambah pening dengan kebijakan yang tidak jelas. Momentum HUT RI ini harus memacu kinerja Pemerintah sehingga Indonesia bisa keluar segera dari wabah dan dampaknya,” ungkap Jazuli.

Wakil rakyat dari Dapil II Provinsi Banten ini mengajak seluruh masyarakat untuk terus mengambil peran dalam mengisi kemerdekaan. Tidak harus di pemerintahan, tidak harus terjun ke politik, tapi juga di lapangan sosial, pendidikan, budaya hingga dunia usaha dan bisnis.

“Tidak bisa kemerdekan ini hanya diisi satu pihak dan satu aspek saja. Semuanya harus sinergis dan saling melengkapi, dan paling penting semua peran itu harus didasari tanggung jawab terhadap kemajuan bangsa dan negara,” kata Jazuli.

Atas nama pimpinan Fraksi PKS DPR RI dan anggota Fraksi PKS dari tingkat pusat hingga daerah, Jazuli mengucapkan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait