Jelang Pilkada, Polres Gelar Simulasi Sispamkota Operasi Mantap Praja Semeru

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Polres Tulungagung menggelar simulasi Sispamkota Operasi Mantap Praja Semeru 2024, Dalam rangka persiapan pengamanan tahapan Pilkada serentak. Bertempat, di halaman GOR Lembupeteng Tulungagung, Selasa (13/08/2024).

Hadir dalam Sispamkota diantaranya, perwakilan dari Pemkab Tulungagung, PJU Polres Tulungagung, Kepala BNNK, Kapolsek jajaran, Kodim 0807, KPU, Bawaslu, pimpinan parpol yang ada di Tulungagung.

Kapolres Tulungagung AKBP Muhammad Taat Resdi melalui Kabag Ops Kompol Puji Widodo, saat dikonfirmasi mengatakan, dalam simulasi Sispamkota ini Polres Tulungagung memperagakan pola pengamanan jika sewaktu-waktu terjadi ancaman kerawanan, mulai dari tahapan pelaksanaan hingga berakhirnya Pilkada serentak 2024 di wilayah hukumnya.

“Kita saksikan bersama bagaimana persiapan petugas dalam melaksanakan pengamanan mulai dari kampanye, pengiriman logistik, pelaksanaan pemungutan suara, proses penghitungan suara hingga diumumkannya hasil Pilkada dan penetapannya,” terang Kabag Ops Kompol Puji Widodo.

Menurutnya, dalam simulasi tersebut juga diperagakan penanganan seperti upaya mediasi hingga tindakan tegas kepada pelaku yang diduga menjadi provokasi dalam aksi.

“Petugas juga memperagakan, upaya dalam mediasi hingga tindakan tegas terukur kepada para pelaku yang melakukan provokasi dalam aksi unjuk rasa,” ujarnya.

Dalam pengamanan Pilkada 2024 ini, lanjut Puji Widodo, pihaknya melibatkan sebanyak 660 personel.

“Personel yang dilibatkan nantinya bisa bertambah jika terjadi peningkatan potensi kerawanan atau gangguan Kamtibmas di Pilkada dengan melakukan koordinasi meminta bantuan dari Polres tetangga maupun BKO dari Polda Jatim maupun Brimob Kediri,” jelasnya.

“Kita tetap mewaspadai dan mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak kita inginkan, karena kerawanan dan gangguan Kamtibmas bisa saja terjadi dimanapun dan kapanpun, namun demikian dengan adanya Sispamkota ini kita berharap situasi Pilkada serentak tahun ini bisa berjalan aman dan kondusif,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait