Juni, Pemkab Halbar Bayar Tunjangan Kades

  • Whatsapp

JAILOLO, beritalima.com – ‎Bupati Halmahera Barat Danny Missy, dalam kunjungan di Desa Buo, Kecamatan Loloda, Senin (30/5), guna meresmikan Gereja GKPMI dan Pastori, serta menyempatkan diri bertatap muka dengan seluruh Kepala Desa se -Kecamatan Loloda. 

Dalam pertemuan yang dipusatkan di Kantor Desa Buo tersebut, Bupati Danny menyampaikan berbagai program pembangunan yang sudah dilaksanakan maupun yang bakal dilaksanakannya di Kecamatan Loloda. Seperti Pembangunan jalan darat dari kecamatan Ibu menuju Loloda, segera akan dilaksanakan tahun ini. “Sementara dalam proses tender, jika sudah selesai akan langsung dikerjakan,” kata Danny.

Tahun 2016 ini, kata Danny, jalan darat dalam wilayah Kecamatan Loloda, akan dibangun hingga menembus Jangailulu. Bahkan untuk mempercepat pembangunan jalan Ibu-Loloda sampai Jangailulu, pihaknya sudah meminta kepada kontraktor untuk mengeroyok pekerjaan tersebut.

“Nanti ada yang kerja dari ibu menuju Kedi, dan ada juga yang akan mengerjakan dari Kedi menuju Ibu, biar lebih cepat,”ucap Danny.

Dalam tahun ini juga, lanjut Danny, akan dibangun jalan yang menghubungkan antar Desa di Kecamatan Loloda, rumah guru, Puskesman Rawat Inap, program listrik tenaga surya, hingga pos perbatasan untuk melindungi SDA Loloda dari aktifitas ilegal seperti yang terjadi di Desa Bakun Pantai. Program beasiswa dan Program Indonesia Pintar (PIP).

Khusus program pembangunan desa lanjutnya, para Kades agar ikut mengawasi setiap kegiatan fisik yang dibiayai APBD Halbar. Jika ditemukan progres tidak sesuai jadwal pekerjaan, Kades lanjut Bupati, kades bisa menyampaikan laporan ke instasi terkait dengan tembusan kepadanya, sehingga Bupati bisa mengontrol. “Mekanisme ini akan saya tempuh, karena Kades adalah ujung tombak pemerintah di Desa, sehingga Kades juga mendapat manfaat dari kegiatan tersebut,” tutur Danny.

Namun demikian, Danny mewanti-wanti para Kades, agar tidak menyalah gunakan kesempatan tersebut yang mempengaruhi progres pekerjaan.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di lingkup Pemkab Halbar ini menjanjikan kepada para Kades, bahwa keterlambatan pembayaran tunjangan perangkat pemerintah desa se Kecamatan Loloda akan segera dibayarkan bulan juni ini. “Saya sudah dengar keluhan para Kades, jadi melalui pertemuan saat ini, perlu saya sampaikan bahwa tunjangan para Kades akan diselesaikan bulan juni,” janji Danny.

Dalam waktu dekat, Bupati Danny juga berencana mengumpulkan seluruh Kades se Halbar untuk rapat bersama untuk membahasa strategi pembangunan desa serta persiapan menyambut kunjungan Menteri Desa di Halbar. (ssd/PN)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *